Top List

7 Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan

manfaat menganggur bagi kehidupan

Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan – pernah nggak sih kalian ngerasa hidup kalian biasa-biasa pas nganggur? Kayaknya, sebagian orang bakal ngerasain hal yang kaya gini, deh. Tapi, apakah benar pengangguran itu hidupnya nggak berfaedah dan gitu-gitu aja?

Nggak, kok. Pengangguran juga manusia. Biarpun terlihat dia gitu-gitu aja, tetap saja dia hidup, juga menjalankan apa yang harusnya dijalankan.

Gini: secara sudut pandangan manusia, menganggur adalah hal yang paling nggak menyenangkan, malah membosankan. Yang paling parahnya, pengangguran memiliki kesan nggak berguna dan sebagainya. Padahal nggak demikian, loh.

Ada beberapa manfaat menganggur yang jarang banget diketahui orang. Manfaat-manfaat ini bisa kalian dapatkan pas kalianjadi seorang pengangguran.

Loh, kok gimana bisa menganggur punya manfaat? Ya jelas ada, dong. Tuhan nggak nyiptain sesuatu tanpa sebab. Jadi adanya pengangguran bukan hanya sebagai objek gunjungan dan ghibahan. Ada tujuan dan manfaat lain yang tersembunyi.

Loh kok gue bisa tahu? Ya iyalah gue tahu. Gue ngeliat sesuatu dari banyak sudut pandang. Dan kalau kalian penasaran dengan manfaat yang gue maksud, mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Memiliki Banyak Waktu Luang – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Sudah Disadari Banyak Orang

Hal yang paling menyenangkan dari menganggur adalah punya banyak waktu luang. Kalian bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk melakukan hal apapun yang kalian inginkan. Dengan banyaknya waktu luang, kalian juga punya kesempatan untuk belajar hal lain. Sebut saja kompetensi lain untuk menambah skill kalian. Atau apapun.

Pemanfaatan waktu seperti ini baiknya dilakukan dengan lebih bijak. Ingat bro, waktu itu nggak bisa dibeli, dan nggak ada yang memperjual belikannya. So, manfaatkan waktu dengan baik.

2. Lebih Bahagia Tanpa Tekanan Pekerjaan – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Paling Diinginkan oleh Para Pekerja

Hal baik yang bisa kalian dapatkan saat menganggur adalah bebas dari segala tuntutan dan stres. Loh, maksudnya? Maksudnya dengan kalian nganggur, kalian akan terhindar dari kedua hal ini. Ini sangat baik untuk kesehatan mental dan raga kalian. Tanpa tuntutan, tekanan ataupun stres, diri kalian akan lebih sehat dan jiwa kalian akan lebih tenang.

Because what? Salah satu hal yang paling membuat stres adalah tekanan pekerjaan. Seseorang bisa saja depresi karena hal itu. Dengan menganggur kalian akan mendapatkan apa yang disebut dengan kesehatan raga dan jiwa.

3. Punya Kesempatan untuk Belajar dan Belajar – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini yang Paling Gue Suka

Saat menganggur seseorang punya waktu yang luang, waktu yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk belajar. Belajar di sini bukan sebagaimana yang anak sekolah lakukan. Bukan. Maksud belajar di sini adalah menambah skill dan kemampuan.

Ya, kalian bisa saja memiliki kemampuan yang cukup untuk mendapatkan satu pekerjaan. Tapi, di era seperti ini, satu kemampuan saja nggak cukup. Kalian minimal butuh 7 kemampuan khusus untuk bisa bertahan. Loh, kok 7? Iya. Dengan 7 kemampuan ini kemungkinan kalian akan menganggur jadi lebih kecil. Saat satu kemampuan kalian nggak dibutuhin orang, ada 6 lagi yang bisa kalian manfaatkan untuk menarik perhatian mereka. Itu sama aja kalian jual ice cream dengan 7 rasa. Saat orang nggak suka rasa Vanilla, mereka bisa memilih rasa coklat, strawbery, durian, taro, dan lainnya. Sesimpel itu sih.

4. Punya Kesempatan untuk Mendekatkan Diri dengan Keluarga – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Jarang Banget Disadari Loh

Pas kita menganggur, kita akan punya kesempatan untuk bersama keluarga lebih lama. Itu ngegembirain banget sih. Sebab bagi gue pribadi, kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga ibarat emas yang harganya nggak bisa kebeli dengan nominal berapapun.

Kalian bisa memanfaatkan momen menganggur buat mendekatkan diri dengan keluarga. Kunjungi bapak ibu kalian. Minta restu. Minta doa. Dan jangan lupa, minta uang buat modal kawin.

5. Mendekatkan Diri dengan Tuhan – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Sering Banget Diamini Banyak Orang

Ya, saat kita menganggur, kita akan lebih dekat dengan Tuhan. Entah karena emang lagi butuh atau karena ingin memanfaatkan keberadaan-Nya di waktu sulit saja, tapi, banyak orang yang melakukan hal ini dengan sangat kentara. Nggak salah sih. Itu hak masing-masing. Hak tiap orang yang percaya dengan Tuhan.

Kalian bisa memanfaatkan momen ini untuk berdoa dan memohon ampun atas apa yang sudah kalian lakukan. Ya, negative thinking-nya sih, bisa jadi kalian lama menganggur karena banyak salah. Bisa jadi ini mah.

Selain mohon ampun, kalian juga bisa memohon pertolongan, percepatan rejeki atau hal apapun pada Tuhan. Ya, kaya orang berdoa aja sih. Dan jangan lupa juga untukĀ  melakukan ibadah. Dengan melakukan ibadah, doa kalian akan lebih didengar.

6. Punya Banyak Waktu untuk Berkontemplasi – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Jarang Disadari Orang

Kontemplasi itu melamun. Itu kalau kalian nggak ngerti bahasa-bahasa akademis, bahasa yang cuma bisa dimengerti sama terpelajar dan pecinta buku.

Dengan menganggur kalian punya banyak kesempatan untuk kontemplasi. Di sana kalian bisa memikirkan apapun. Bisa merencanakan masa depan,mengkaji perilaku diri, atau mengingat-ingat kenangan indah bersama mantan. Terserahlah, apapun. Lakukan saja sesuka kalian asal itu positif.

7. Punya Kesempatan untuk Muhasabah – Manfaat Menganggur Bagi Kehidupan ini Jarang Banget Disadari Banyak Orang

Muhasabah itu artinya mengkaji diri. Kajilah diri kalian sendiri. Tanyakan pada diri kalian: kenapa kalian bisa nganggur? Apa kalian nggak bisa cari kerja? Apa karena presidennya Jokowi? Apa karena invasi tenaga kerja Tiongkok? Carilah sendiri. Cari tahu dalam diri kalian. Ingat: mengkaji diri itu merenung untuk menemukan solusi, bukan malah memikirkan video dan porno aksi.

Baca juga :

Nah itu tadi beberapa manfaat menganggur bagi kehidupan. Sebaik-baiknya menganggur adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Ingat: pengangguran juga manusia. Jadi berilah dia kerja. Kerja yang riil, bukan kerja kaleng-kaleng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *