Top List

7 Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu dengan Mudah

cara membedakan obat asli dan obat palsu

Cara membedakan obat asli dan obat palsu – Indonesia adalah negara pasar dengan jumlah konsumen yang berlimpah. Bisa kalian lihat sendiri, di negeri tercinta kita ini, banyak sekali ditemui beragam produk: mulai dari makanan, minuman, pakaian, sampai obat-obatan, semua ada. Itu semua nggak lepas dari sifat konsumtif orang Indonesia yang–kadang–berlebihan.

Inilah yang kemudian dijadikan kesempatan untuk banyak produsen. Hanya sayangnya, nggak semua produsen punya itikad baik dalam perkara ini.

Ya. Kadang kala, untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya, produsen sengaja menggunakan bahan berhaya pada produk-produknya. Alasannya sederhana; tidak lain adalah untuk menekan biaya produksi agar jatuh sejatuh-jatuhnya, serta memperoleh keuntungan yang tinggi setinggi-tingginya.

Inilah yang kemudian menjadi masalah. Banyaknya beredar barang-barang konsumsi yang berbahaya membuat masyarakat was-was. Dan pada level tertentu, masyarakat pun jadi enggan untuk membeli barang, khususnya barang untuk konsumsi kesehatan semacam obat dan sejenisnya.

Benar. Obat sendiri jadi salah satu produk yang dipalsukan. Salah satu kasus yang diketemukan beberapa hari belakang bahkan terdengar sadis: obat-obat yang dipalsukan tersebut nyatanya tidak hanya disebar di satu tempat, melainkan puluhan, dan kemungkinan ratusan karena faktor distribusi. Ini kemudian jadi masalah bersama, hingga akhirnya, mencari cara membedakan obat asli dan obat palsu pun bisa jadi tameng utama untuk menghindari konsumsi obat palsu.

Tapi bagaimana cara membedakan mana yang asli dan palsu, sedang pada fisik juga kemasan semuanya sama? Nah, buat pertanyaan ini, apakah ada yang bisa jawab?

Haha. Kalian tahu nggak, sebenarnya cara ngebedain obat asli dan palsu itu nggak sulit. Ada banyak cara sederhana yang bisa kalian praktikan. Cara-cara ini juga cukup ramah bagi kalian yang nggak kenal sama sekali dunia farmasi. Dan berita baiknya, gue udah ngerangkum beberapa cara-cara tadi. Di sini gue bakal ngulas cara-cara itu biar kalian semua paham dan tahu cara bedain obat asli dan palsu.

So, are your ready genks? Nah, buat kalian yang pengen tahu cara seperti apa yang gunain buat bedain obat asli dan palsu, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Perhatikan Kemasan Produk – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Paling Mudah Dilakukan

Cara ini adalah yang paling sederhana, kalian bisa lakukan cara ini dengan mudah dan tanpa perlu pengalaman khusus. Yang kalian butuhkan adalah ketelitian dan pemahaman tentang kemasan yang tidak baik.

Hehehe. Gimana-gimana? Bingung, ya? Jadi maksudnya begini. Kalau kalian beli obat asli, biasanya kemasan obat tadi bakalan rapih, bersih, serta nggak ada cacat. Tapi hal berkebalikan bakal terjadi kalau kalian beli obat palsu. Kemasan obat palsu biasanya terlihat jelek, rusak dan catat. Biasanya kerusakan terjadi karena proses produksi yang tidak sesuai SOP atau benturan dengan barang lain.

Loh, kan obat asli juga bisa punya kemungkinan kaya gitu? Tentu, tapi kemungkinannya kecil. Sederhananya, coba bedakan; mana obat yang diproduksi secara benar dan mana obat yang diproduksi secara asal. Kira-kira, mana yang punya tampilan kemasan yang baik, dan mana yang punya kemasan dengan kecenderungan cacat? Pasti produk yang palsu, kan?

2. Tidak Memiliki Label Resmi – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Bisa Kalian Liat dengan Kasat Mata

Obat palsu biasanya nggak punya merk. Kalau pun ada, merk yang digunakan biasanya merk plesetan. Tapi kan ada juga yang pakai merk asli dan terdaftar di BPOM? Tentu ada. Tapi sekali lagi, proses produksi obat palsu tidaklah sebaik obat asli. Maka, untuk urusan label, obat palsu memang bisa meniru, hanya bentuk atau cetakannya berbeda. Biasanya ada sedikit cacat yang bisa kalian perhatiin dengan kasat mata.

Kecatatan-kecatatan ini biasanya terjadi pada bentuk merk atau label. Entah itu nggak ada logo BPOM, font logonya ngawur, tulisannya buram, dan sejenisnya.

3. Kelengkapan Informasi Produk – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Bisa Kalian Andalkan

Iya, emang nggak semua obat palsu pakai kemasan dengan informasi yang nggak lengkap. Ada juga obat yang mencantumkan semua informasi produk di kemasan. Bahkan ada satu atau produk yang sampai mencantumkan indegrient produk di kemasan.

Nah, kalau udah gini, apakah tips dan cara ini masih bisa digunakan? Tentu masih. Tips dan cara ini masih bisa kalian gunakan untuk membedakan kedua jenis obat ini.

Prinsip dari cara ini sederhana. Fungsinya hanya sebagai sinyal tatkala kalian menemukan obat dengan informasi produk yang nggak lengkap, besar kemungkinan itu adalah obat palsu, atau bahkan obat yang mengandung bahan berbahaya.

Kan nggak semua obat palsu nggak nyantumin informasi? Kan ada juga obat palsu yang tetep nyantumin informasi? Tentu. Tapi cara ini adalah untuk mencegah kemungkinan buruk di awal. Dengan kalian menghindari obat-obat yang nggak jelas asal usul bahannya, lebih kalian hindarin, sebab bisa jadi itu adalah obat palsu.

4. Harga yang Terlalu Mencolok – Cara Membedakan Obat Asli dan Palsu ini Jadi yang Agak Susah Dilakukan

Untuk mengetahui cara ini kalian harus mengingat harga produk yang sebenarnya. Setelah kalian tahu harga yang sebenarnya, kalian bakalan bisa menebak: produk yang kalian beli adalah hal yang asli atau palsu? Kalau ada indikasi palsu, kalian bisa membelinya. Syukur-syukur bisa sekalian melabor kalau mau.

Lalu bagaimana membedakan obat asli dan palsu dengan hanya harganya saja? Gampang. Obat asli akan punya harga tinggi. Tapi sebaliknya. Obat palsu akan punya harga yang rendah.

Bagaimana kita bisa tahu soal harga tinggi dan rendah: dalam di apotik juga ada obat generik dan non generik? Nah, biar kalian nggak terkecoh sama obat palsu yang pura-pura generik, kalian musti tahu dulu; apa itu obat generik. Kalau udah tahu kalian bakal jeli dan nggak kekecoh sama obat palsu yang pura-pura generik.

5. Nomor Izin Edar – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Bisa Kalian Gunakan Buat Bedain Keduanya

Cara ini masih juga sederhana. Yang perlu kalian lakuin adalah dengan melihat kemasan. Cek nomor izin obat, apakah ada atau nggak. Nomor izin ini biasanya ada di kemasan. Cek aja. Biasanya letakknya ada di bagian belakang dekat bahan baku atau bakian atas dekat tanggal kadaluarsa. Kalau nggak nemu juga, ya, cari sisi lain. Pokoknya harus ketemu. Kalau nggak ketemu berarti obat yang kalian beli ilegal.

Pada dasarnya obat legal akan selalu punya nomor izin edar. Itu biasanya dikeluarkan badan-badan khusus yang bersangkutan. Jadi kalau nggak ada nomor izin edar tapi kalian tetep membeli obat tadi, itu artinya kalian ketipu sama penjual obat.

6. Tanggal Kadaluarsa – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Sama Sederhananya dengan Lima Cara di atas, Kok.

Tanggal kadaluwarsa adalah tanggal berlakunya obat untuk dikonsumsi. Di luar tanggal itu berarti obat udah nggak bisa dikonsumsi, alias untuk basi dan berbahaya. Obat yang legal dan diproduksi resmi akan selalu punya tanggal kadaluwarsa. Beda dengan obat asli, obat palsu umumnya hanya punya kemasan kosong tanpa tanggal kadaluwarsa. Kalau pun ada, biasanya punya bentuk yang cacat dan nggak lengkap.

Intinya tanggal kadaluwarsa dari obat bisa kalian manfaatkan. Obat yang legal dan asli akan selalu pakai tanggal kaya gini, sedang yang palsu nggak ada.

7. Tekstur Obat yang Rapuh – Cara Membedakan Obat Asli dan Obat Palsu ini Agak Sulit Kalau Nggak Teliti

Ada beberapa obat palsu yang diproduksi dari daur ulang. Maksudnya, obat-obat yang udah nggak diminum–yang dibuang dalam bentuk utuh–diproduksi lagi untuk dicetak kembali menjadi pil, kapsul, kaplet, dan lain-lain. Maka dari itu, tekstur dan bentuk obat palsu umumnya nggak rapih, rapuh, dan mudah hancur. Ini bisa jadi ciri utama buat ngenalin obat palsu.

Baca juga :

Nah itu tadi beberapa cara membedakan obat asli dan obat palsu. Cara-cara ini bisa kalian pakai buat ngebedain keduanya. Harapan gue, dengan kalian tahu dan kenal dengan cara-cara ini, kalian bakalan berhenti buat dibohongi penjual obat palsu. Masalahnya kalian kasian. Cukup dibohongi pacar aja, dibohongi penjual obat palsu jangan. Bisa-bisa kalian mati.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *