Top List

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Idul Adha

Hal menarik yang bisa dilakukan di Idul Adha – sebentar lagi sudah waktunya Idul Adha aja, nih. Kalau kalian, pas momen Idul Adha ngapain? Nongkrongin TV? Keluar rumah sambil nyari gebetan di sana sini? Atau, ngasih makan sapi yang bakal segera menemui Illahi?

Ya. Pada dasarnya Idul Adha emang nggak semeriah Idul Fitri, sih. Di hari ini nggak banyak orang berkumpul dan menghabiskan makanan dalam toples. Kalau pun ada, itu cuma beberapa doang. Nggak seru.

Tapi kalian nggak usah khawatir. Biar pun Idul Adha nggak semenarik Idul Fitri, kalian bisa kok lakuin beberapa hal ini biar nggak bosen dan jenuh di rumah.

hal menarik yang bisa dilakukan di idul adha

1. Ngeliat proses penyembelihan sapi – Hal menarik yang bisa dilakukan di Idul Adha ini cukup banyak dilakukan masyarakat, loh

Walaupun acara penyembelihan sapi atau kambing dilakukan tiap tahun, tetep aja, ngeliat prosesi penyembelihan kedua hewan ini adalah sesuatu yang menarik dan nggak bisa dilewatin. Apalagi buat kalian yang suka sama darah, penyembelihan, dan desahan hewan sebelum menemui ajal.

Nggak cuma orang dewasa, pada momen ini, anak kecil hingga balita juga banyak yang hadir. Alasannya, ya satu, pengen ngeliat sapi disembelih.

Seperti yang gue sampein di atas: bagi beberapa orang kegiatan ini emang menarik dan layak banget buat disaksikan. Tapi buat beberapa orang, kegiatan ini cukup kejam. Nah, yang bilang kegiatan ini kejam adalah mereka yang pas pembagian daging sapi nggak pernah dapet.

2. Ngeliat orang ngulitin sapi – Hal menarik ini terusan dari nomor satu

Setelah ngelihat proses penyembelihan, masyarakat biasanya lanjut ngeliat proses pengulitan sapi atau kambing yang udah disembelih.

Loh, kok kaya ginian ditonton, emang seru? Nggak sih. Nggak seru-seru banget. Cuma keren aja ngeliat pisau mas-mas yang lagi ngulitin. Biasanya pisau-pisau mereka tajem banget. Jadi pas ngulitin semua kulit dan lemak yang diseset bisa langsung terangkat.

3. Bantuin motongin atau misahin daging – Hal menarik yang bisa dilakukan ini bisa menguntungkan loh

Selain ngeliatin, kalian juga bisa bantuin mas-mas yang lagi ngulitin, loh. Kalau kalian udah dewasa dan dalam usia nanggung (maksudnya dibilang muda enggak, tapi dibilang tua juga belum nikah karena nggak laku) kalian bisa coba tawarin diri buat bantuin.

Biasanya sih kalian bakal dibolehin bantuin. Nanti, kalau kalian dibolehin, kalian bakal diarahin buat motongin daging sesuai ukuran yang disediakan. Setelah daging-daging itu dipotongin, kalian bakal diarahin buat memisahkan daging kualitas baik dan daging kualitas kurang baik. Nanti keduanya dimasukkan dalam satu kantong. Kalau udah, daging-daging tadi udah bisa disebarin ke orang-orang yang berhak.

Oh, ya, jangan tanya kenapa bantuin, ya. Soal jawabannya bakal tetep sama tiap tahunnya: biar dapet daging gratis! Maklum, gue nggak pernah makan daging. Lebih sering makan hati!

4. Bagiin daging ke tetangga – Hal menarik ini bisa sekalian nyari nomer bidadari komplek

Kalau kalian dapet giliran bagi-bagiin daging ke tetangga, kalian jangan sampai melewatkannya. Kenapa? Karena dengan cara inilah kalian bisa dapetin jodoh.

Wah, masa? Iyalah. Kalian bisa ikut bagiin daging bareng tim yang udah ditentukan. Nanti, sembari bagiin daging, kalian juga sembari mintain nomor kontak cewek-cewek yang ada di daerah kalian. Kalau ditanya buat apa, bilang aja: buat didata. Kalau mereka ragu, kalian bisa sekalian bawa daftar kosong yang isinya nama sama nomor hp. Dengan begitu, kalian bisa dapetin nomor hp cewek yang diinginkan.

5. Buka jasa jualan daging Qurban – Hal menarik ini bisa memaksimalkan waktu produktif kalian

Sebenarnya daging qurban harus dimasak dan dikonsumsi untuk mereka yang membutuhkan. Tapi, kalau mereka lebih butuh duit dibanding daging, gimana?

Nah, itulah kesempatan kalian buat ngembangin karir. Dibanding kalian nongkrongin TV yang acaranya gitu-gitu aja, lebih baik kalian coba buka jasa jualan daging qurban. Kalian bisa bantu keluarga yang pengen ngejual daging qurban miliknya. Kalian bisa beli daging itu untuk kemudian di jual kembali di pasar.

Eh, jangan tanya soal untug nggaknya yah. Soalnya, setahu gue, cara ini nggak pernah ngasilin untung. Ada juga rugi karena dagingnya busuk dan harganya turun. Tapi seenggaknya, kalian berguna, kalian menolong keluarga yang lebih butuh uang dibanding daging qurban.

6. Bikin sate bareng temen dan kerabat – Hal menarik ini paling ditunggu oleh seluruh umat

Siapa sih yang nggak mau nyate gratis? Kayaknya, hampir semua orang selain penderita darah tinggi bakal mau dengan kegiatan ini, apalagi kalau dagingnya gratis. Iya kan?

Ya, nyate di Idul Adha emang momen yang paling ditunggu banget. Kalian bisa sekalian ajak saudara, kerabat, keluarga, sepupu, temen, wali kelas, kepala sekolah, ketua yayasan, pak RT, pak RW, Bupati hingga malaikat Izroil buat ikutan acara ini.

Oh, ya, jangan lupa: biar nggak tekor, yang dateng ke acara diwajibin bawa makanan jadi ataupun olahan. Tujuannya biar ngeringanin kalian dan nambah opsi makanan yang bisa dikonsumsi.

7. Bikin sate dengan pasangan – Hal menarik yang bisa dilakukan di Idul Adha ini bisa bikin hubungan kalian tambah harmonis loh

Kalau kalian males nyate bareng temen, kalian bisa cobain nyate bareng pasangan. Buat yang ini, kalau bisa dikhususkan saja. Kalian hanya perlu nyate berdua, tanpa ada pihak lain yang mengganggu. Kenapa? Ya tentu saja buat ningkatin keharmonisan kalian berdua. Kan kalau hubungan kalian harmonis, bukan saja daging qurban yang ditusuk-tusuk, daging lainnya pun bisa ditusuk-tusuk ya kan?

Maka dari itu, kalian bisa lakuin hal ini. Kalian bisa lakuin ini di rumah, di kontrakan, atau di mana pun, asal jangan di kostan: takut dimarahin ibu kost.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *