Top List

7 Jenis Makanan yang Nggak Bisa Dikonsumsi bersama Nasi

jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi

Jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi – di dunia ini ada jutaan makanan yang bisa kita konsumsi kapan pun kita mau. Dari sekian juta tersebut, banyak di antaranya yang merupakan makanan bergizi dan berkhasiat untuk kesehatan. Beberapa lainnya bahkan bisa dikonsumsi bersama nasi sebagai makanan utama.

Ya, sebagai bangsa Indonesia, mengonsumsi nasi memang sudah jadi kebiasaan. Nasi memang makanan pokok, dan menjadi wajib di mata masyarakat.

Nasi biasa dikonsumsi dengan makanan pendamping atau yang biasa disebut lauk. Nah, lauk-lauk inilah yang memiliki ragam bentuk dan rasa yang melimpah. Bahan bakunya pun banyak, nggak terbatas: dari mulai daging hewan, tumbuhan, sampai olahan dari keduanya ada. Tapi tahu kah kalian, dari sekian banyak lauk, ada beberapa yang masuk jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi?

Ya. Ada beberapa lauk yang nggak direkomendasikan. Alasannya beragam. Tapi dari sekian alasan tersebut, faktor kesehatan dan keamanan jadi hal yang paling dipertimbangkan.

Nah, ngomong-ngomong soal lauk tersebut, tahu kah kalian jenis lauk apa saja yang nggak bisa dikonsumsi bareng nasi? Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak ulasan gue seputar makanan yang nggak bisa dikonsumsi bareng nasi berikut.

1. Mie instan – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi yang sudah banyak diketahui

Pada dasarnya mie adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi. Dengan catatan, konsumsi yang dimaksud di sini adalah konsumsi wajar. Maksudnya, kuantitas konsumsi nggak berlebihan dan nggak bikin lambung bekerja ekstra keras untuk mengolah mie menjadi sari makanan.

Ya, selain susah dicerna, mie juga punya kadar karbohidrat yang tinggi. Harusnya mie dikonsumsi dengan toping seperti telur dan sebagainya. Hanya saja, khusus di Indonesia, mie justru dikonsumsi dengan nasi: hal yang sangat jelas nggak disarankan. Kebayang dong gimana kandungan karbohidrat yang kita konsumsi kalau makan mie sama nasi sekaligus?

Nah, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, dan dengan kuantitas yang juga berlebihan, nggak menutup kemungkinan orang yang mengonsumsi akan mengalami obesitas dan kegemukan.

2. Makanan dengan olahan tepung – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi yang punya alasan sama dengan mie instan

Tepung adalah sumber karbohidrat. Walau jumlahnya lebih kecil dibanding nasi, tetap saja, mengonsumsi nasi dan olahan tepung sekaligus akan membuat kita memperoleh karbohidrat berlebih. Hasilnya, tubuh kita akan kelebihan karbohidrat dan mengganggu kestabilan zat. Ini nggak baik, apalagi buat kalian yang pengen hidup sehat dan jauh dari karbo berlebih.

Oleh karena hal tersebut, menghindari konsumsi makanan olahan tepung dan nasi adalah hal yang harus banget dilakukan.

Makanan dari olahan tepung sangatlah banyak, apalagi di Indonesia. Sebuat saja gorengan: makanan dan/atau cemilan wajib yang harus ada tiap kali nongkrong. Walau nggak langsung bikin kenyang, mengonsumsi gorengan bersama nasi agaknya harus dihindari. Hal itu karena gorengan dinilai kurang sehat dan mengandung karbohidrat dan lemak berlebih.

3. Makanan olahan kentang – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi sebenarnya enak, murah, tapi tetep nggak baik buat tubuh

Siapa di sini yang suka perkedel kentang? Makanan yang murah dan merakyat ini emang enak banget dikonsumsi bareng nasi. Hanya saja, kalau konsumsinya berlebih, hal itu jadi bumerang buat kita. Kandungan karbohidrat dan lemak pada perkedel bakal ngebuat tubuh kita mengonsumsi dua zat tersebut.

Iya, perkedel emang nggak termasuk makanan jahat. Hanya saja, konsumsi berlebih, apalagi kalau dipadukan dengan nasi, membuat perkedel jadi makanan nggak baik dikonsumsi tubuh.

Perkedel sebenarnya sama dengan gorengan. Makanan ini baiknya dikonsumsi sebagai cemilan atau teman ngumpul. Cuma, karena rasanya yang gurih dan enak, makanan ini kerap dijadikan lauk oleh beberapa orang. Dan hal ini jelas nggak dibenarnkan: apalagi kalau menimbang kandungan dan kebaikan dari perkedel yang nggak seberapa.

4. Makanan olahan ubi – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi ini agaknya udah dijauhin orang-orang deh

Ubi adalah bahan makanan yang bisa diolah jadi makanan yang lezat dan nikmat. Setelah berabad-abad hanya dijadikan cemilan, sekarang ubi sudah bisa diolah menjadi lauk yang layak disandingkan dengan nasi dan makanan pokok lain. Pertanyaannya: apakah ubi baik dikonsumsi bersama nasi?

Baik nggaknya ubi dikonsumsi bersama nasi kembali pada diri kita sendiri: apakah konsumsi yang kita lakukan ideal atau malah berlebihan. Jika ideal, ubi bisa jadi opsi terbaik untuk kalian yang pengen lauk dengan rasa yang berbeda. Tapi jika konsumsi yang kalian lakukan berlebihan, maka, ubi nggak ada bedanya dengan mie, kentang dan aneka makanan olahan tepung.

5. Olahan jagung – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi yang harusnya nggak pernah menjadi lauk

Ada banyak makanan olahan jagung di Indonesia. Salah satu yang paling favorit adalah bakwan jagung. Selain gurih, makanan ini juga murah dan enak banget disantap bareng teh anget atau kopi. Rasanya yang nikmat dan nggak bikin kenyang membuat bakwan jagung cocok dijadikan menu cemilan pada saat nongkrong.

Tapi tahukah kalian, di belahan Indonesia  yang lain bakwan jagung adalah makanan yang sering dijadikan lauk pendamping nasi?

Ya, karena rasanya yang gurih, cemilan ini kerap kali dijadikan lauk. Biasanya, konsumsi dan porsi bakwan jagung yang dijadikan lauk sama dengan gorengan lain. Pertanyaannya: apakah mengonsumsi bakwan jagung bersama nasi itu baik?

Sekali lagi: jawabannya kembali pada diri kalian masing-masing. Jika kalian bisa membatasi konsumsinya, makanan ini bukan hanya baik, tapi juga dianjurkan karena murah. Tapi kalau kalian mengonsumsi bakwan jagung secara berlebihan, makanan ini bisa jadi bumerang untuk kalian. Kandungan karbohidrat dan lemak yang ada di dalamnya akan diserap dan menjadikan tubuh kalian penuh karbo dan lemak jahat dari gorengan tersebut.

6. Makanan olahan singkong – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi yang harusnya sudah banyak dihindari

Singkong adalah jenis makanan pokok di Indonesia. Sama dengan nasi, singkong mengandung banyak karbohidrat yang baik untuk tubuh. Hanya saja, saat singkong dikonsumsi bersama nasi, karbohidrat dari keduanya akan memberi dampak buruk bagi tubuh. Nah, itulah alasan kenapa makanan olahan singkong nggak dianjurkak dikonsumsi bareng nasi.

7. Makanan olahan dari nasi – jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi ini mengandung ketidakbaikan bagi tubuh

Karena dibuat dari nasi, makanan olahan ini mengandung zat yang juga terkandung pada bahan pembuatnya. Oleh karena itu, makanan ini sangat nggak dianjurkan bagi kalian yang pengen mengonsumsi nasi.

Baca juga :

Nah itu tadi beberapa jenis makanan yang nggak bisa dikonsumsi bersama nasi. Makanan-makanan ini umumnya mengandung karbohidrat setara nasi. Jadi, jika makanan ini dikonsumsi bersama nasi secara bersamaan, kebayang dong gimana jumlah karbo yang masuk dalam tubuh kita?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *