Top List

7 Tips Paling Efektif dalam Meminjam Uang ke Teman

tips meminjam uang ke teman

Tips meminjam uang ke teman – meminjam uang adalah salah satu kegiatan yang umum dan sering dilakukan di Indonesia. Peminjaman uang sendiri dilakukan oleh banyak orang dan instansi. Menariknya, perkembangan pinjam uang sudah masuk ke tahap yang lebih serius.

Ya. Sekarang sudah banyak instansi dan aplikasi yang menyediakan peminjaman uang dengan cara yang mudah. Kalian cuma perlu nyetor KTP dan, walah, uang pun masuk rekening kalian.

Akan tetapi, meminjam uang pada aplikasi atau instansi berbeda dengan kita meminjam uang ke teman. Kenapa? Karena kalau kita meminjam uang ke instansi dan aplikasi peminjaman uang, bunga yang mereka berikan sangatlah besar. Itu jelas memberatkan. Apalagi buat anak-anak misqueen yang nggak kerja dan hanya bisa kongkow-kongkow semata.

Oleh karena hal tersebut, dibandingkan meminjam uang ke aplikasi, gue lebih nganjurin kalian buat minjam uang ke teman.

Iya, iya. meminjam uang ke teman emang nggak mudah. Tapi kalian nggak usah khawatir. Gue punya tips meminjam uang ke teman yang bisa dipraktekan. Tips ini efektif banget buat kalian yang punya temen pelit dan nggak mau minjemin. Dengan melakukan tips ini, kalian bakal bisa dengan mudah meminjam sejumlah uang pada mereka.

Nah, penasaran kan apa saja tips yang gue maksud? Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pinjamlah pada teman baik yang sudah akrab dan lama dikenal – tips meminjam uang ke teman

Kalian nggak akan bisa meminjam uang pada teman yang baru dikenal dan nggak akrab. Mereka akan canggung dan enggan buat minjamin kalian. Lain halnya kalau kalian minjem uang sama teman yang udah lama kenal dan berbagi suka duka bareng.

Oleh karena itu, kalian lebih dianjurin buat minjem ke mereka yang benar-benar udah kenal kalian dan sebaliknya.

Iya. Biasanya, mereka yang sudah kenal kalian bakalan mau minjemin, dengan catatan, kalian harus minjem dengan cara yang baik, santun dan mau merendah. Hindari untuk memberitakan hal-hal yang membuat dia jadi berubah pikiran untuk memberi pinjaman pada kalian.

2. Gunakan cara-cara yang sopan – tips meminjam uang ke teman

Kalian nggak akan dikasih pinjam kalau caranya kurang baik dan nggak sopan. Biasanya, teman seakbrab apapun akan enggan buat ngasih pinjaman ke orang yang sok dan belagu. Mereka cenderung ngasih pinjaman kalau kalian merendah, menceritakan kesulitan kalian dan menjelaskan apa yang terjadi.

Gue yakin, semakin cerita kalian menyentuh, semakin dia mau ngasih kalian pinjaman. Dan semakin cerita kalian ngawur, semakin malas dan enggan dia ngasih kalian pinjaman.

3. Gunakan cerita yang menyentuh – tips meminjam uang ke teman

Sebagaimana yang udah gue sampein di atas. Kalau kalian mau minjam uang, pastikan kalian bisa membuat cerita yang menarik dan menyentuh. Cerita-cerita seperti ini akan jauh lebih didengar dan diserap oleh teman kalian. Dengan diserapnya cerita kalian, mereka akan dengan berbaik hati meminjamkan sebagian uang untuk kalian.

Menggunakan cerita palsu juga nggak pernah nggak dibolehin. Kalau kalian mau, kalian bisa mengarang cerita biar lebih menarik.

Tapi perlu diingat. Kalau kalian mengarang cerita, pastikan karangan kalian masuk akal dan bisa diterima akal sehat. Jangan ngawur. Jangan berlebihan juga. Sebab semakin cerita kalian berlebihan, semakin dia sadar kalau dia lagi dibohongin sama kalian.

4. Kasih jaminan kembali – tips meminjam uang ke teman

Kalau kalian mau meminjam uang, kalian juga harus memberi jaminan kembali. Maksudnya, kasih tahu teman kalian bahwa uang itu akan kembali. Waktu kembalinya kalian kasih tahu. Jelaskan. Jangan sampai enggak. Karena dengan memberi tahu waktu pengembalian uang, teman kalian akan merasa yakin bahwa uang mereka akan kembali.

Selain memberi tahu waktu pengembalian, kalian juga bisa menjelaskan cara kalian mengumpulkan uang untuk membayarnya.

Ya. Untuk hal ini memang nggak begitu perlu. Tapi kalau kalian mau, ya, silakan. Yang jelas memberi tahu hal ini juga baik. Tapi rawan juga. Pasalnya, kalau kalian ngasih tahu hal yang kurang baik dan nggak berkenan di hati dia, bisa jadi teman kalian enggan buat ngasih pinjaman.

5. Kasih jaminan barang – tips meminjam uang ke teman

Kalau kalian mau, kalian bisa ngasih jaminan barang ke teman kalian. Ini sih opsi aja, biar mereka yakin dan nggak ragu buat minjemin. Barang yang dijaminkan juga harus sesuai dengan nominal yang kalian pinjam, jangan terlalu mahal dan terlalu murah. Cari yang pas-pas aja kalau kata Vety Vera mah.

Dengan memberi jaminan, teman kalian nggak akan ragu lagi buat meminjamkan uang. Sebab, andai kata kalian nggak bisa bayar, mereka akan mendapat barang dengan nominal yang sesuai dengan uang mereka.

6. Jangan menyerah kalau ditolak – tips meminjam uang ke teman

Andai kata kalian ditolak, kalian jangan langsung pulang. Kalian harus bertahan di sana sampai dia mau meminjam uang. Kalau kalian diusir dari rumahnya dia, kalian bisa berdiri di depan rumah dan memohon agar dia mau memberikannya uang. Kalau perlu teriak, biar orang lain pada dengar.

7. Ikhlas – tips meminjam uang ke teman

Pada dasarnya nggak semua teman kalian mau meminjamkan uang. Jadi, kalau setelah cara nomor enam dia nggak mau meminjamkan uang juga, ikhlaskan saja. Mungkin dia bukan teman kalian. Nanti, kalau dia ngajak nongkrong atau ngundang ke acaranya, kalian nggak usah dateng. Ok?

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *