Top List

7 Kiat Sebelum Menikah yang Harus Banget Kalian Lakukan!

Kiat sebelum menikah – menikah; kalian tentu sudah nggak asing lagi dengan hal yang satu ini. Menikah; adalah sebuah ukuran kedewasaan seseorang. Sebab, seseorang baru akan dianggap benar-benar dewasa kalau dia sudah menikah. Selain itu, menikah juga dikatakan sebagai upaya penyempurnaan agama. Terlepas dari itu semua, kita, memang harus menikah.

Menikah sendiri adalah kumpulan dari ijab kabul, resepsi, dan rangkaian adat (kalau ada) yang dijalani saat untuk menjadikan dua orang sebagai suami istri.

Nah ngomong-ngomong soal menikah; tahukah kalian bahwa menikah nggak bisa dilakukan sembarangan? Menikah adalah menjadikan dua orang menjadi satu. Maksudnya bukan disatukan dalam segi fisik, melainkan dari segi pemikiran dan sinergitas dalam satu keluarga.

Makanya, menikah nggak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi sembarangan memilih pasangan. Itu sangat nggak diperbolehkan.

kiat sebelum menikah

Dan kalau pun kalian sudah punya pasangan, kalian juga harus melakukan beberapa kiat khusus sebelum menikah. Kenapa harus dilakukan? Ya, biar pernikahan kalian sempurna, menjadi penghalang dari berbagai kemungkinan buruk, dan, tentu saja biar pernikahan kalian terus berjalan dan nggak dibatalkan.

Ok, langsung saja, berikut adalah beberapa kiat sebelum menikah yang harus banget kalian terapkan.

1. Pastikan sebelum menikah, kalian sudah mendaftarkan diri kalian ke kantor urusan agama – kiat sebelum menikah

Kalau kalian mau pernikahan yang diakui, mau nggak mau, suka nggak suka, kalian harus mendaftarkan diri kalian dan pasangan ke kantor urusan agama. Di sana kalian akan dicatat tanggal pernikahan dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Loh, bukannya cuma ijab kabul doang bisa dikatakan menikah? Memang iya. Cuma kalau nggak ada pencatatan, nikahan kalian nggak akan diakui.

Apa dampaknya? Banyak. Salah satunya adalah anak kalian akan kesulitan membuat akta kelahiran. Nggak bisa buat kartu keluarga, dan rangkaian kesulitan yang muncul dari keduanya. So, ketimbang kalian susah dikemudian hari, kalian harus aware dengan kondisi seperti ini.

2. Pastikan sudah ada obrolan mengenai kehidupan setelah menikah – kiat sebelum menikah

Setelah menikah nanti, kalian akan mendapatkan banyak sekali hal. Mungkin di antaranya adalah masalah rumah tangga. So, ketimbang kalian kaget, pastikan kalian sudah membicarakan kemungkinan masalah yang dihadapi sebelum pernikahan kalian.

Ya, mungkin tabu sih. Aneh. Tapi cara ini bisa menjadi pencegahan dan penanganan dini. Kalian bisa menghindari penyebab dari masalah-masalah tadi dengan membicarakannya sedini mungkin.

3. Pastikan kalian sudah benar-benar mendapat restu dari kedua keluarga – kiat sebelum menikah

Sebenarnya kiat ini bisa dibilang penting nggak penting buat dibahas. Tapi buat gue pribadi, hal ini sangat penting banget. Kenapa? Karena saat kalian menikah, kalian nggak cuma nyatuin diri kalian dengan pasangan. Tapi keluarga kalian (kedua keluarga) menjadi satu.

Maka dari itu, sebelum ijab kabul dilakukan, kalian harus terlebih dulu memastikan bahwa restu sudah di tangan. Kalau belum, ya, kalian harus mendapatkannya.

Restu sendiri bisa jadi masalah yang besar. Terutama kalau kalian adalah orang susah. Kenapa? Karena kalau kalian nggak memperoleh restu, kalian akan sulit menjalani kehidupan rumah tangga. Mungkin, kalian akan jadi sering bertengkar dengan mertua atau sebagainya. Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, kalian harus terlebih dulu mencegahnya.

4. Pastikan kalian sudah saling akrab dengan kedua keluarga – kiat sebelum menikah

Ini juga penting nggak penting. Akrab memang bisa diperoleh dengan pembiasaan, ngobrol bareng, ketemu bareng, dan segala hal yang berkaitan dengannya. Tapi, untuk urusan menikah, alangkah baiknya kalau kalian sudah akrab sebelum hari H.

Kenapa demikian? Karena jika kalian masih belum akrab, ngerasa asing, kehidupan pasca menikah akan terasa kurang nyaman.

Iya sih, kalian bisa pendekatan setelah menikah. Kalian bisa mulai ngobrol dan mendekati keluarga doi setelah menikah. Tapi, coba dipikir, kapan waktunya? Maka dari itu, waktu yang paling ideal untuk melakukan itu adalah sebelum menikah.

5. Pastikan kalian sudah mengenal luar dalam pasangan – kiat sebelum menikah

Kenapa kalian harus melakukan hal ini? Agar kalian nggak kaget. Minimal, kalian akan terhindarkan dari kesan risih dan sebagainya.

Ya, yang namanya orang, siapa yang tahu. Kendati doi adalah pasangan kalian, kalau ada sesuatu yang nggak kalian suka, maka risih adalah hal yang pasti dialami. Dan kalian pasti ngerti kenapa hal ini harus dilakukan? Ya, karena kalian akan hidup satu atap dengannya. Ketimbang kalian risih terus-terusan, lebih baik terbuka sejak awal.

Tapi yang dimaksud buka-bukaan di sini bukan berarti buka pakaian. Tapi cukup dengan lisan saja. Maksudnya, hal apa yang mungkin pasangan kalian nggak suka dari kalian. Sebut saja soal luka, belang, atau masalah rambut mungkin; banyak kutu dan sebagainya. Obrolin aja. Ngobrolin perkara ini di awal akan sangat lebih baik dibanding kalian ketahuan setelah menikah nanti.

6. Pastikan kalian sudah kenal akrab dengan kebiasaan buruk pasangan – kiat sebelum menikah

Kalau kiat di atas lebih berfokus tentu masalah fisik dan umum, kiat ini akan berfokus pada kebiasaan. So, menurut kalian, kebiasaan buruk itu ngeganggu nggak? Kalau menurut gue sih mengganggu banget. Kebiasaan buruk pasangan pasti bakal bikin kalian risih. Dan kalian nggak itu terjadi di pernikahan kalian dong.

Maka dari itu, cobalah diskusikan dengan pasangan. Kasih tahu kebiasaan buruk kalian apa saja. Bicarakan. Dengan begitu pasangan kalian tahu dan bisa coba memahami.

7. Pastikan calon pengantin kalian adalah lawan jenis – kiat sebelum menikah

Nah, ini. Ini yang paling penting. Sebelum kalian menikah, kalian harus tahu dulu kalau doi adalah lawan jenis. Kenapa? Karena nggak nggak, pernikahan kalian nggak akan pernah terjadi. Lagi pula, di Indonesia sendiri pernikahan sesama jenis nggak pernah diakuin.

So, dari pada kalian membuang uang untuk segala persiapan, lebih baik kalian teliti sejak awal. Pastikan calon pasangan kalian adalah lawan jenis. Untuk melakukannya, kalian bisa pikirkan caranya sendiri. Ok?

Baca juga :

Itulah tadi beberapa kiat sebelum menikah. Kalian bisa terapkan kiat-kiat ini untuk memastikan pernikahan kalian terlaksana sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *