Top List

7 Cara Mengatasi Gerah Sebelum Hujan ini Wajib Kalian Tahu!

Cara mengatasi gerah sebelum hujan – kalian pasti pernah ngerasain nggak nyaman dan gerah sebelum datangnya  hujan datang. Rasanya tuh kaya lebih ke gerah-gerah gimana gitu. Padahal, saat itu, langit nggak lagi panas dan cuaca juga nggak terik-terik amat.

Ya, gerah sebelum hujan adalah hal yang umum dirasakan, khususnya untuk mereka yang tinggal di negara tropis. Biasanya, sebelum hujan datang, masyarakat akan merasa kepanasan.

Oh ya, jangan tanya alasan kenapa hal itu terjadi, ya? Soalnya, sampai detik ini, gue nggak tahu alasan ilmiahnya. Tapi kalau nggak salah, alasan ilmiah kenapa hal itu terjadi sudah ada dan banyak dibahas di internet. So, kalau kalian ingin tahu mengenai hal tersebut, kalian bisa buka internet dan search aja.

Ok, balik lagi ke rasa gerah sebelum hujan. Beberapa di antara kalian mungkin sepakat kalau perasaan ini bikin nggak nyaman. Sama nggak nyamannya kaya hubungan kalian yang digantungin sama doi.

Nah, karena  nggak nyaman itulah, kalian harus mengatasi rasa gerah tersebut dengan rangkaian cara yang akan kita bahas di bawah ini. Sulit? Nggak kok. Cara-cara ini nggak akan menyulitkan kalian. Justru kebalikannya. Cara-cara ini akan mempermudah kalian mengatasi rasa gerah tersebut.

Jadi, apa saja cara mengatasi gerah sebelum hujan? Bagaimana penerapannya? Seperti apa metodenya? Untuk selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

cara mengatasi gerah sebelum hujan

1. Mandi bisa jadi alternatif untuk kalian yang ngerasain gerah sebelum hujan datang – cara mengatasi gerah sebelum hujan 

Ya, mandi adalah cara paling mudah untuk mengatasi rasa gerah. Mandi juga bisa kalian lakukan untuk mengatasi rasa gerah yang timbul sebelum hujan datang. Mandi akan membuat suhu tubuh kalian menurun. Dengan mandi, rasa gerah yang kalian alami akan berangsur hilang.

Hanya saja, mandi yang kalian lakukan bukan mandi sembarang mandi. Mandi yang dimaksud di sini bukan mandi dengan air dingin, ataupun air hangat.

Mandi air dingin akan membuat suhu badan kalian menurun drastis. Hal ini berbahaya, terlebih untuk kalian yang nggak suka sama penurunan tersebut. Pun dengan mandi air hangat. Kalian hanya akan membuat tubuh jadi memanas. Oleh karenanya, mandi dengan air sedang saja; nggak terlalu dingin, tapi juga nggak hangat.

2. Keluar ruangan – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Kalau kalian nggak suka mandi (malas mandi) kalian bisa keluar ruangan untuk sekedar menghirup dan merasakan udara segar di luar. Di luar ruangan suhu akan lebih sejuk. Dengan begitu, tubuh kalian yang merasakan gerah berangsur merasakan sejuk dan nyaman.

Keluar ruangan yang dimaksud di sini bukan keluar kamar lalu pindah ke ruang depan, ya. Bukan. Yang dimaksud keluar ruangan di sini adalah benar-benar keluar ruangan, keluar rumah.

3. Menyalakan kipas angin – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Tentu saja kalau kalian merasa gerah, kipas angin adalah alat yang harus digunakan untuk mengatasinya. Alat ini akan mengalirkan udara dan membuat suhu ruangan menjadi stabil. Namun demikian, penggunaan kipas angin sendiri nggak dianjurkan manakala suhu ruangan benar-benar pengap dan panas. Jika suhu ruangan kalian ada di level tersebut, keluar ruangan sajalah. Itu lebih baik.

Kipas angin sendiri memiliki motor yang memanas kalau-kalau kipas dinyalakan untuk waktu yang lama. So, kalau hal itu dilakukan, kalian hanya akan membuat ruangan yang panas menjadi panas.

Oleh karenanya, kalian hanya dianjurkan menyalakan kipas manakala suhu ruangan tidak terlalu panas. Suhu tersebut masih dinilai cukup aman untuk menyakalan kipas angin. Dengan begitu, suhu ruangan yang tadinya panas akan berangsur sejuk.

4. Menyalakan pendingin ruangan – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Tentu saja, untuk menghilangkan rasa gerah, kalian bisa menyalakan pendingin ruangan. Itu kalau kalian punya pendingin ruangan. Kalau nggak, ya, kalian bisa beli terlebih dulu, panas, lalu nyalakan. Itu juga bila mampu. Kalau nggak mampu, ya, tidur sajalah. Mimpi. Siapa tahu dalam mimpi bisa membeli AC dan menyakalannya untuk menghilangkan gerah.

Yup, AC sendiri banyak dipilih karena  nggak repot. Cukup pencet tombol, hup, ruangan kalian pun jadi langsung dingin dan nyaman. Rasa gerah yang tadi kalian rasakan akan hilang dengan sendirinya.

5. Perbanyaklah minum air putih – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Air putih (khususnya yang sejuk) akan membuat suhu tubuh kalian jadi stabil. Suhu tubuh yang tadinya panas akan berangsur stabil manakala minum air putih. Tapi dengan catatan, suhu yang panas di sini adalah suhu tubuh yang diakibatkan oleh rasa gerah sebelum hujan, bukan karena sakit.

Air putih yang dimaksud pun bukan air putih dingin, melainkan air putih sejuk (ya, nggak terlalu dingin). Kenapa? Karena air putih yang dingin hanya akan membuat rasa haus kalian bertambah. Jika sudah begini, kalian pun hanya akan terus menerus haus. Dan kalau sudah terus menerus haus, kalian jadi sering kencing. Kalian pasti nggak mau terlalu sering kencing, dong?

6. Berendam di bak mandi – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Ya, ya, ya…. satu-satunya cara yang paling membuat nyaman adalah berendam di bak mandi. Dengan berendam, suhu tubuh kalian akan langsung stabil, nggak panas, nggak gerah. Di samping itu, dengan berendam pula, otot dan otak kalian akan rileks.

7. Pasrah – cara mengatasi gerah sebelum hujan

Kalau memang cara-cara di atas belum bisa dilakukan, ya, sudah, pasrah saja. Pasrah dan menerima kalau cuaca gerah tersebut akan segera hilang seiring bertambahnya waktu. Sebab, sebagaimana yang kalian tahu, gerah ini akan hilang setelah hujan turun. Jadi, ketimbang repot-repot melakukan cara di atas, mending kalian pasrah saja.

Baca juga :

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi gerah sebelum hujan. Dari cara-cara di atas, manakah yang menurut kalian paling efektif dan bagus untuk dicoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *