Top List

7 Cara Menikmati Ayam Bakar Biar Tambah Maknyus!

Cara menikmati ayam bakar – ayam bakar; siapa sih yang nggak tahu sama makanan yang satu ini? Makanan yang merakyat dan banyak ditemui ini adalah makanan yang bisa dibilang cukup murah. Kalian bisa mendapat satu porsi ayam bakar dan nasi putih hanya dengan Rp 15.000,- sampai Rp 20.000.

Jangan tanya kenapa makanan ini banyak ditemui di jalanan. Karena selain murah, cita rasa yang dimiliki oleh ayam bakar juga luar biasa sedapnya.

Ya, siapa sangka, panganan yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini emang nggak bisa diragukan lagi cita rasanya. Kalian bisa menikmati ayam bakar sebagai makanan istimewa (dinikmati bareng keluarga saat momen tertentu) atau dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.

Tapi tahukah kalian. Rasa nikmat dari ayam bakar ini bisa kalian tingkatkan dengan cara dan metode tertentu. Tenang, metode ini nggak bikin kalian bolong.

Yang terpenting, tujuan dari metode ini adalah untuk menambah cita rasa dari ayam bakar itu sendiri. Dengan cita rasa yang demikian, nafsu makan kalian akan bertambah, porsi makan kalian juga akan meningkat. Dan yang terpenting, kalian bisa menyejahterakan penjualnya, hehehe.

So, penasaran kan seperti apa metode yang kami maksud? Untuk tahu lebih lengkapnya, langsung saja, mari kita bahas cara menikmati ayam bakar agar makin maknyus.

cara menikmati ayam bakar

1. Santaplah ayam bakar dengan nasi pulen dan hangat – cara menikmati ayam bakar

Kalian mungkin berpikir bahwa cara ini bukanlah cara yang asing, banyak digunakan, dan kadang nggak ngasih dampak apa-apa. Padahal, kalau kalian cermat dan menerapkan metode ini dengan baik, cita rasa yang kalian dapatkan dari ayam bakar yang dibeli akan sangat berbeda.

Ya, hampir semua cita rasa makanan akan meningkat berkali-kali lipat kalau dihidangkan dengan sepiring nasi hangat yang pulen.

Nasi hangat dan pulen sendiri memberikan kesan nikmat pada setiap menu. Sebenarnya nggak cuma ayam bakar doang. Ayam goreng pun bakal punya cita rasa yang nikmat kalau disantap dengan nasi yang seperti ini. Tapi kalau boleh dibandingkan, menu yang paling cocok dikonsumsi dengan nasi putih pulen, ya, ayam bakar.

2. Jangan lupa makan dengan lalapan – cara menikmati ayam bakar

Mungkin mengonsumsi lalapan adalah kebiasaan beberapa masyarakat di Indonesia; khususnya Jawa dan Sunda. Tapi terlepas dari ikatan adat dan budaya, mengonsumsi ayam bakar dan lalapan sekaligus bisa menambah nafsu makan kalian, loh.

Nggak percaya? Silakan kalian coba sendiri. Kalian beli ayam bakar, lengkap dengan daun kemangan, mentimun, atau lalapan apapun yang diberikan penjual.

Nah, coba kalian bandingkan; lebih enak makan pakai lalapan atau nggak? Tentu jawaban yang paling banyak adalah makan dengan lalapan. Karena ibarat baju, lalapan itu udah kaya kancing. Nggak bisa dipisahin dari ayam bakar.

Iya, sih, makan lalapan itu soal selera. Kalian bisa saja suka atau nggak. Tapi kalau berbicara metode buat nambah cita rasa ayam bakar, ya, maka bersama lalapan adalah salah satu di antaranya.

3. Kalau ada lalapan, berarti juga harus ada sambel – cara menikmati ayam bakar

Kalau kalian mengonsumsi lalapan, kalian juga harus mengonsumsi sambel. Kenapa? Karena sekali lagi, baik ayam bakar, lalapan dan sambel; semuanya nggak bisa dipisahkan. Ketiganya adalah satu kesatuan yang harus utuh dan nggak bisa dipisah.

Sambel bakal bikin ayam bakar kalian punya cita rasa yang sedikit pedas. Ini menarik. Karena fitrah ayam bakar yang manis, dan bila dipadukan dengan sambal, ini akan membuat lidah kalian bergoyang bak orang lagi nahan boker; nikmat.

4. Selalu tambahkan lebih banyak kecap pada saat pembakaran – cara menikmati ayam bakar

Ok, ini adalah cara tentang bagaimana membuat ayam bakar menjadi nikmat, bukan cara menikmati ayam bakar yang sudah jadi. Tapi terlepas daripada itu, cara ini bisa kalian gunakan untuk menambah cita rasa ayam bakar; agar setelah matang nanti, kalian bisa mengonsumsi menu ini dengan cita rasa yang jauh di atas rata-rata.

Dengan harus menambah kecap? Karena kecap akan memberi cita rasa yang lebih pekat, lebih manis-gurih pada ayam bakar. Ini tentu berguna; terlebih untuk kalian yang doyan manis.

5. Kalau mau cita rasa yang sedikit berbeda, kalian bisa tambahkan sedikit madu manis pada kecap – cara menikmati ayam bakar

Sekali lagi, ini adalah tentang bagaimana cara kalian membuat ayam bakar agar lebih enak dan lezat. Cara ini juga bisa kalian gunakan manakala si penjual nggak tahu bagaimana membuat ayam bakar yang enak dan menggugah selera.

Kalian bisa tambahkan madu agar cita rasa ayam jadi tambah manis dan lezat. Penambahan madu ini berfungsi untuk mengentalkan rasa manis.

Tentu saja, metode ini berdampak pada rasa manis pada ayam bakar. Tapi Kalian bisa mencegah ayam yang terlalu manis dengan memberi takaran yang ideal. Untuk masalah ideal atau nggak, itu tergantung selera kalian.

6. Jangan makan ayam bakar dengan sendok – cara menikmati ayam bakar

Ya, mungkin cara ini penting nggak penting. Sebab kenyataannya hampir semua penikmat ayam bakar nggak pakai sendok saat makan. Tapi biar begitu, masih ada saja orang-orang yang makan ayam bakar pakai sendok. Nah, tips ini ditujukan untuk mereka.

Bukan kalian yang masih makan ayam bakar pakai sendok, stop, jangan lakukan lagi. Kenapa? Karena itu bikin makan kalian nggak enak. Bukan mengenai cita rasanya, tapi lebih pada kesulitan. Ya, gimana nggak sulit wong makan ayam bakar kudu dipotong dulu baru masuk mulut. Kalau pakai sendok kalian nggak bisa motong-motongnya.

7. Jangan makan ayam bakar sendiri. Usahakan makan ayam bakar di luar dan bareng temen yang kaya – cara menikmati ayam bakar

Sederhana aja. Menikmati ayam bakar di luar (maksudnya di rumah makan) bersama teman/kerabat bakal membuat makan kalian makin lahap. Ini jelas baik. Kalian bisa mengonsumsi menu makanan dengan apa yang kalian inginkan.

Selain itu, dengan makan bareng, apalagi dengan orang kaya, kemungkinan kalian untuk ditraktir akan lebih besar. Tapi kalau mereka nggak ada kecenderungan untuk traktir, kalian bisa coba pura-pura nggak bawa dompet.

Baca juga :

Nah itulah tadi beberapa cara menikmati ayam bakar. Cara-cara di atas bisa kalian coba untuk mendapatkan cita rasa ayam bakar yang di luar kebiasaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *