Tips n Trick

7 Cara Ajaib Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Cara menyelesaikan skripsi dengan cepat – perkuliahan adalah hal yang sangat penting untuk dijalani. Setelah merampungkan kegiatan ini, kalian akan mendapatkan gelar dan ijazah, yang keduanya bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan.

Hanya saja, untuk mencapai kata “lulus”, kalian harus menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Dan seperti yang kalian tahu sebelumnya, skripsi adalah hal paling menakutkan untuk semua mahasiswa.

Yaps, banyak tantangan yang akan kalian hadapi saat mengerjakan skripsi, mulai dari dosen pembimbing yang nyebelin, waktu tidur yang kurang, atau biaya ngeprint revisian yang nggak ada kelarnya.

Nggak cuma sampai di situ. Beberapa mahasiswa juga harus dihadapkan dengan hubungan yang terganggung karena skripsi.

Ya, mungkin terkesan berlebihan sih. Tapi ini beneran kok. Sebab ada mahasiswa yang harus kehilangan banyak waktu karena skripsinya. Dampaknya? Tentu saja. Hubungan percintaan mereka jadi tergangu. Mereka jadi jarang ketemu. Waktu chat mereka terbatas. Ya, pokoknya hal-hal sejenis itu deh.

Tapi ini nggak bakalan terjadi kalau kalian bisa selesein skripsi dengan cepat. Dengan begitu, kalian nggak akan kehilangan banyak waktu karena alasan skripsi.

Eits, tenang-tenang. Selesein skripsi dalam waktu cepat bukan perkara sulit kok. Ini perkara gampang. Dengan catatan, kalian mau berusaha dan berjuang.

Lantas, seperti apa cara yang dimaksud? Baik, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

1. Rajin-rajinlah diskusi dengan dosen pembimbing atau kakak tingkat yang sudah lulus – cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

Nih, buat kalian yang pengen selesein skripsi, gampang kok. Kalian cukup rajin diskusi dengan dosen pembimbing atau kakak tingkat. Dengan diskusi, kalian akan menemukan judul dan bahasan yang tepat untuk skripsi kalian.

Selain itu, dengan diskusi pula, kalian akan mendapatkan koreksi dari mereka. Koreksi ini diperlukan untuk merevisi hal yang perlu diganti.

Tapi yang menjadi hambatan dalam cara ini adalah komunikasi. Kalian harus benar-benar menjaga komunikasi dengan keduanya. Pastikan mereka nyaman melakukan diskusi dengan kalian. Pastikan mereka senang diskusi dengan mereka.

2. Sering-seringlah membaca buku teori – cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

Buat kalian yang pengen selesein skripsi dengan cepat, kalian bisa mulai dengan rajin membaca buku teori. Membaca buku ini akan membuat pemahaman kalian akan teori dan paradigma teori jadi lebih menyeluruh. Dengan cara ini pula, kalian akan lebih mudah menemukan teori mana yang akan diangkat.

Membaca buku juga akan membuat redaksi kalian makin kaya. Dengan bertambahnya redaksi ini, kalian akan dimudahkan dalam menulis skripsi.

Kalian mungkin meremehkan hal ini. Kalian mungkin beranggapan bahwa menulis bisa dilakukan dengan tanpa membaca. Padahal persepsi ini sangatlah salah. Kalian harus terlebih dulu cukup membaca untuk bisa menulis.

Jika kalian masih nggak percaya, kalian bisa bandingkan. Lihat, mahasiswa mana yang cepat menulis; mahasiswa yang rajin baca buku, atau mereka yang jarang buku?

3. Rajin-rajin ke perpustakaan – cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

Bagi kalian yang pengen skripsinya selesai dengan cepat, kalian bisa coba datang ke perpustakaan. Di sana mungkin ada beberapa skripsi yang bisa kalian baca. Kalian juga bisa mengambil skripsi tersebut sebagai referensi. Pakai skripsi tersebut buat inspirasi untuk judul penelitian kalian.

Mungkin ini akan sulit. Terlebih untuk mereka yang jarang membaca dan datang ke perpus.

Tapi, cobalah buat lebih terbiasa. Cobalah buat mencobanya. Coba sampai kalian terbiasa dengan buku-buku dan kegiatan membaca. Dengan begitu, proses penyelesaian skripsi kalian akan berjalan dengan lebih baik.

Berkunjung ke perpustakaan juga memungkinkan kalian memperoleh referensi nggak terbatas. Tentu ini berkaitan dengan jumlah buku yang ada di sana.

4. Berangkatlah dari teori-masalah – cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

Buat kalian yang masih bingung selesein skripsi, cobalah untuk memulai dari teori yang mau diangkat. Kemudian padukan teori tersebut dengan masalah yang akan dihadapi.

Cara ini cukup sering dilakukan oleh mahasiswa lain di Indonesia. Cara ini cukup efektif buat kalian yang nggak tahu harus bikin skripsi macam apa.

Hanya saja, untuk cara ini, kalian harus terlebih dulu menggali teori yang akan dibahas. dan menemukan masalah yang benar-benar sinkron dengan teori tersebut.

5. Mulailah dengan target yang jelas – cara menyelesaikan skripsi dengan cepat

Buat kalian yang bingung ngerjain skripsi seperti apa, kalian bisa coba dengan membuat jadwal. Mulailah dengan membuat latar belakang dan seterusnya. Buatlah yang padat, tapi tetap membuat kalian nyaman dalam pengerjaannya.

Tapi satu hal yang harus kalian tahu, membuat target yang jelas harus berbanding lurus dengan kesungguhan dan niat kalian buat menyelesaikan skripsi.

Maksudnya, kalian jangan hanya bikin target dan jadwal saja. Kalian juga harus mengikuti target dan jadwal yang ada. Biar efektif.

6. Disiplinkan Diri Sebaik-Baiknya – Cara Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selain kalian menerapkan kelima langkah tadi, kalian juga harus benar-benar disiplin dalam menerapkan kelimanya. Kalian harus benar-benar fokus buat menyelesaikan skripsi. Kalian harus benar-benar mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Harus benar-benar diikuti loh, bukan hari ini diikuti dan besoknya malah enggak.

Ini penting. Sebab pada beberapa kasus, kebanyakan dari mereka cenderung nggak disiplin sama jadwalnya. Hari ini diikuti, besoknya malah nggak ikut. Mereka malah malas-malasan dan sejenisnya.

7. Hubungi Joki Kalau Pengen Ekstra Cepat – Cara Menyelsaikan Skripsi dengan Cepat

Udah, kalau kalian emang nggak disiplin dan pengen hasil yang jelas, kalian bisa hubungin Joki aja. Ini bisa kalian lakukan kalau-kalau sudah bener-bener mentok dan nggak bisa usaha lagi.

Curang, sih. Tapi mau gimana lagi. Wong kalian juga pengen cepet tapi nggak mau usaha, iya kan?

Baca juga :

Itulah beberapa cara menyelesaikan skripsi dengan cepat. Cara-cara ini bisa kalian gunakan manakala sudah benar-benar mentok nggak bisa mikir dan bikin skripsi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *