in

7 Tips Memilih Sandal Gunung yang Awet dan Tahan Lama

tips memilih sandal gunung 2

Tips memilih sandal gunung – memiliki hobi yang berhubungan dengan alam adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi kalau kalian sudah pernah dan/atau sering naik turun gunung.

Naik gunung sendiri jadi hobi yang menyenangkan. Apalagi di era seperti sekarang: era di mana naik gunung bukan lagi perkara mencapai puncak, tapi juga bagaimana kalian bisa mendapatkan gambar pemandangan alam yang keren.

Tapi ngomongin soal gunung, kalian tentu sepakat kalau naik gunung butuh persiapan yang ekstra.

Perlengkapan yang lengkap, perbekalan yang juga lengkap, tentu harus menjadi perhatian. Sebab seperti yang sudah kalian tahu, naik gunung berarti menghadapi kondisi alam yang serba tidak menentu. Jadi, dengan tanpa memperhatikan perlengkapan dan perbekalan itu, bisa jadi segala resiko akan kalian dapatkan. Dan satu dari sekian perlengkapan yang harus dibawa adalah sendal gunung.

Ya, iya, sih. Kalian memang bisa aja nggak pakai sendal gunung. Untuk alas kaki kalian bisa ganti dengan sepatu. Tapi, dibanding dengan sendal gunung, harga sepatu gunung lebih mahal loh. Yakin mau pakai itu aja?

Maka dari itu, sebagai alternatif, maksud kami untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah yang nggak bisa beli sepatu gunung, kalian bisa pakai sendal gunung.

Tapi, bagaimana kriteria sendal gunung yang harus dibeli, ya? Maksud kami, gimana cara kita liat sendal gunung itu berkualitas atau enggak?

Gampang. Di bawah ini sudah kami rangkum beberapa tips sandal gunung yang berkualitas, awet, tapi juga nyaman saat dikenakan. Pengen tahu seperti apa tipsnya? Yuk, langsung aja simak bahasan lengkapnya berikut ini.

tips memilih sandal gunung 2

1. Jangan beli produk palsu! – Tips memilih sandal gunung

Kalau kalian pengen beli sandal gunung yang awet, tahan lama dan enak buat dikenakan, kalian jangan pilih sandal yang KW. Kenapa? Karena kualitas sandal KW adalah di bawah sandal asli.

Maka dari itu, jika kalian punya pilihan, lebih baik kalian pilih sandal asli. Sebab kualitas sandal asli jauh lebih terjaga dibanding sandal KW.

Lah kan harganya mahal? Ya emang mahal. Tapi, mending ngeluarin duit lebih atau mau kualitas sendalnya jelek? Kalau kalian masa bodo sama kualitas mah silakan aja, pilih yang KW. Tapi kalau rusak saat naik gunung jangan salahkan kami, ya.

2. Beli langsung – Tips memilih sandal gunung

Kalau kalian pengen tahu sendal itu nyaman dipakai atau enggak, kalian harus beli sandal secara langsung. Pastikan kalian cobain tu sandal pas beli. Jangan sampai enggak.

Nah, pas nyobain itu kalian harus benar-benar ngerasain: sandal itu enak dipakai atau sebaliknya.

Pastikan kalian yakin. Jangan ragu atau segan. Kalau emang sekiranya nggak nyaman, mending nggak usah dibeli. Nggak lucu kan beli sandal tapi ujungnya nggak nyaman pas dipake.

3. Bahannya nyaman di kulit – Tips memilih sandal gunung

Nyaman itu relatif, sih. apalagi soal pemakaian. Tiap orang punya ukuran kenyamannya masing-masing. Jadi, pastikan kalian benar-benar ngerasa nyaman dengan ukuran kalian sendiri.

Ngomongin soal kenyamanan, bukan cuma pemakaian aja yang harus memperhatikan kenyamanan. Bahan pun harus nyaman, utamanya pas nyentuh kulit.

Kenapa? Karena beberapa bahan emang bikin nggak nyaman pas kena kulit. Bisa bikin kulit kalian gatal dan efeknya kaya alergi. Kalian nggak mau kaya gitu kan?

tips memilih sandal gunung

4. Bagian pijakan – Tips memilih sandal gunung

Beberapa momen saat mendaki gunung, kita akan dihadapkan dengan kondisi hujan. Dan tentu saja, itu akan membuat kontur tanah jadi licin dan sulit untuk dijejaki.

Untuk mengatasi hal ini, hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah alas kaki. Pastikan gunakan alas kaki yang bagian bawahnya (yang menyentuh tanah) nggak licin. Apalagi pas hujan.

Makanya, pas membeli sandal, usahakan untuk membeli yang bagian bawahnya berkontor/nggak rata. Ya kalian ngertilah maksudnya.

5. Berat sandal – Tips memilih sandal gunung

Ini juga penting: berat sandal. Sebagai alas kaki yang digunakan untuk naik gunung, usahakan sandal gunung yang kalian gunakan nggak terlalu berat. Selain untuk meningkatkan mobilitas saat mendaki, ini juga perlu untuk kenyamanan.

Ya, seperti yang kalian tahu, sendal yang ukurannya besar dan berat akan selalu merepotkan dan bikin gampang capek.

6. Lem dan sol – Tips memilih sandal gunung

Perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang membuat sandal awet adalah sol dan lem yang merekatkan satu bagian sandal dengan bagian yang lain. Maksud kami, kalau kalian pengen sandal kalian awet, cobalah buat memperhatikan kedua hal ini.

Sebelum membeli, cek dulu dua bagian ini. Pastikan keduanya punya kualitas sesuai yang kalian inginkan.

Paling enggak, pastikan sol terpasang dengan baik. Kalau pakai jahitan, pastikan jahitannya kuat, nggak gampang putus. Kalau pakai lem, pastikan lemnya merata dan nggak gampang lepas.

7. Desain tali pengikat – Tips memilih sandal gunung

Sebenarnya soal desain tali pengikat ini sistemnya bebas. Maksudnya, kalian bebas menentukan model kaya apa aja. Tapi, kalau boleh kasih saran, cobalah buat pilih sandal yang jaga area atas tumit.

Ya, kalian emang boleh milih tali sandal yang mirip sandal jepit, sih. Cuma, untuk ukuran kenyamanan dan keamanan, kayaknya model tali yang menahan area tumit ke atas lebih dianjurkan deh.

Baca juga :

Itulah tadi beberapa tips memilih sandal gunung. Tips di atas bisa kalian gunakan manakala akan memilih model sandal gunung untuk digunakan. Ingat, yang paling utama dalam memilih sandal gunung adalah keamanan dan kenyamanan.

Written by Riyadi Siswoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sandal wanita

9 Tips yang Bisa Digunakan Untuk Memilih Sandal Wanita

cara menghilangkan bruntusan 2

Auto Berhasil, Inilah 7 Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan