Top List

7 Cara Mengatasi Tetangga Kost yang Suka Ganggu

 

cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu 1

Cara Mengatasi Tetangga Kost yang Suka Ganggu – hidup di rumah kost emang nggak mudah. Kalian bukan hanya dituntut untuk mengenal lingkungan sekitar, tapi juga harus maklum dan bersabar bila ada tetangga kost yang ganggu dan ngeselin. Ya gimana, namanya juga orang merantau, pulangnya jauh, mau nggak mau harus ngelakuin itu kan?

Ngomong-ngomong soal tetangga kost yang nyebelin, gue punya pengalaman nih. Pengalaman pribadi, tapi beberapa juga gue ambil dari temen-temen.

Ya, gue juga hidup dan tinggal di kost-kostan. Dibilang nyaman, sih, enggak. Dibilang nggak nyaman juga, ya, agak betah. Jadi bingung, deh. Bingungnya udah kaya pacar lu selingkuh, pengen lu putusin, tapi sayang sama modal yang lu kasih ke dia (modal yang tentu aja nggak bisa balik). Jadi, ya, status kalian ngegantung gitu. Status bingung.

Ok, balik ke tetangga kost yang ngeselin. Sebenarnya tetangga kost yang ngeselin itu hampir ada di tiap tempat kost. Serius, hampir selalu ada.

Tapi anehnya, mereka ngeselin itu suka keras kepala. Di kasih tahu, kadang ngeyel. Dinasehatin, kadang nggak suka, sewot, mencak-mencak, ujungnya, kita juga yang disalahin karena  mantik pertengkaran. Padahal kan maksud kita baik; ngasih tahu mereka kalau apa yang dilakuin itu kurang tepat.

Cuma seiring berjalannya waktu, akhirnya gue tahu gimana cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu dan ngeselin.

Eits, tenang. Cara-cara ini nggak pakai kekerasan, kok, cuma pakai kealotan dan ke-hard-an aja, hehehe. Ok deh, langsung aja, berikut adalah beberapa cara mengatasi tetangga ngeselin yang suka ganggu di hunian kost. Cekidot.

1. Ajak kenalan aja dulu – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Kenapa harus kenalan? Karena biar ngobrol dan ngasih tahunya enak. Sebab kalau kalian dianggap orang asing sama doi, boro-boro mau ngasih tahu dan nasihatin, wong kalau ditanya aja kadang sering nggak nyaut. Maka dari itu, sebelum kalian bertindak lebih jauh, alangkah baiknya kalian ajak kenalan dulu. Tanyain namanya siapa, asalnya dari mana, tinggal sama siapa, sama pin atm-nya berapa. Nah, kalau udah kenal, kalian bisa dengan mudah ngajak ngobrol.

2. Jangan dulu nasehatin, mending ngakrabin dulu aja – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Inget, jangan dulu dikasih tahu da dinasehatin. Mulailah dengan mengajak ngobrol doi. Ajak doi ngobrol apa aja; mulai dari nanyain kota asal, pekerjaan, pendidikan terakhir, atau masalah mantan juga bisa kalian tanyakan. Yang terpenting, jangan tanyakan soal ukuran celana dalam, sebab itu akan ngebuat dia risih dan males ngobrol sama kalian.

Emang kenapa harus ngakrabin diri dulu, sih? Kalian belum tahu, bahwa orang Indonesia itu punya rasa nggak enakan sama temen atau orang deket. So, kalau kalian deket sama mereka, orang-orang itu akan dengan sendiri ngerasa nggak enak.

3. Kalau memang perlu, kasih tahu kalau kalian terganggu – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Kalau emang dia nggak punya rasa maklum yang besar, kalian bisa tuh ngasih tahu secara terbuka sama dia. Jelasin kalau kalian terganggu sama apa yang dia lakuin. Kalau dia orang baik dan mau dengerin kalian, dia bakal berhenti ngelakuin hal-hal yang bikin kalian keganggu. Tapi kalau dia bukan orang baik, alias emang niat gangguin, itu berarti kalian harus lanjut ke cara berikutnya.

4. Lapor ke ibu kost kalau kalian terganggu – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Kalau emang cara-cara sopan masih belum juga nurut, kalian bisa pakai cara-cara yang lebih “struktural”, yaitu dengan melaporkan doi ke ibu kost. Kenapa melaporkan? Karena yang sejatinya punya hak dan kewajiban menertibkan penghuni kost adalah pemilik kost. Maka dari itu, kalau emang kalian ngerasa keganggu sama tetangga kost kalian, lebih baik untuk melaporkannya langsung.

Kasih tahu juga pemilik kost kalau doi sering lakuin ini itu segala macem. Ya, intinya ngadu ajalah gimana. Kalau udah, kalian bisa nunggu respon dari pemilik kost.

5. Kasih tahu dengan cara yang lebih “jelas” – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Kalau emang doi masih juga bandel, kalian bisa tuh ngasih tahu doi dengan cara yang lebih “jelas”. Gimana caranya? Ya, gedor pintunya, teriakin namanya, dan bilang kenceng-kenceng kalau kalian keganggu. Dengan begitu dia akan dengan sendiri keluar dan berhenti ngelakuin itu.

Tapi kalau dia masih juga belum berhenti. Kalian bisa gunakan cara yang satu lagi; cara yang tentu aja efektivitasnya nggak bisa diraguin lagi.

6. Ancam pemilik kost – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Kalau cara di atas masih juga belum berhasil, kalian bisa ancam pemilik kost untuk menertibkan penghuni kost yang ngeganggu. Jangan lupa juga ancam kalau kalian akan kasih review jelek ke kostan itu. Dengan cara begitu, pemilik kost akan merasa takut dan segera menertibkan tetangga kalian yang ngeganggu.

7. Beli petasan – cara mengatasi tetangga kost yang suka ganggu

Cara ini bisa dibilang paling ganas. Kalian bisa mengatasi tetangga kost yang ganggu dengan cara ini. Gimana penerapannya? Mudah. Kalian hanya perlu membeli petasan lalu menyalakannya tepat di depan pintu tetangga kalian. Kalau bisa, nyalainnya malem aja, pas dia udah dikostan. Dengan begitu dia pasti keluar. Nah, kalau udah keluar, kalian tinggal bilang tuh; “nah, keganggu kan? Sama gue juga keganggu sama lu yang (hal yang bikin kalian keganggu)”.

Kalau udah begini, gue yakin, masalah tetantta kost yang ngeganggu pasti teratasi. Sebab, kemungkinanya ada dua; antara kalian yang diusir, atau doi yang diusir. Tapi over all, cara ini akan bisa mengatasi tetangga kost yang suka ganggu kan?

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *