Top List

7 Kebaikan Menunda Kehamilan Bagi Pasangan Muda

Kebaikan menunda kehamilan – pasangan yang baru menikah pasti mendambakan keluarga yang baik, harmonis dan lengkap. Dan jika berbicara mengenai kelengkapan keluarga , maka hal berikutnya yang akan kita bahas adalah soal anak.

Ya. Anak. Banyak orang yang mengatakan kalau pernikahan akan percuma kalau kita nggak memiliki anak. Atau, ada juga yang berpendapat kalau: percuma aja menikah kalau nggak punya anak.

Pertanyaannya kemudian: apakah menikah itu harus memiliki anak? Atau, bolehkah kita menunda kehamilan terlebih dahulu? Nah, dua pertanyaan ini menarik banget buat gue. Pertanyaan pertama gue suka karena hampir mewakili pikiran manusia modern yang beranggapan bahwa: memiliki anak hanya akan merepotkan dan mengganggu produktivitas. Pun dengan pertanyaan nomor dua.

Pada dasarnya menikah nggak harus memiliki anak. Akan tetapi, menikah tanpa anak ibarat kalian bangun rumah tanpa perabotan. Hampa. Rumah itu emang bisa ditinggali. Tapi lambat laun, rumah itu bakal ngebosenin dan nggak bikin kalian nyaman.

Menikah emang nggak harus punya anak, dan kalian boleh menunda kehamilan sesuka yang kalian mau. Toh menunda kehamilan bukan sesuatu yang dilarang. Dan kalau itu dilakuin buat sesuatu yang baik, nggak ada salahnya kan?

Nah, tahu kah kalian, ternyata, menunda kehamilan memiliki kebaikan juga. Ada manfaat yang bisa kalian petik saat kalian menunda kehamilan. Adapun manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut.

kebaikan menunda kehamilan

1. Kalian akan jadi lebih produktif – kebaikan menunda kehamilan ini sudah diakui oleh jutaan pasangan di dunia

Iya sih, dengan hamil, kalian bisa tetap produktif sebagaimana saat sebelum kalian hamil. Hanya saja, tingkat produktivitas kalian akan berkurang seiring membesarnya bayi dan perut yang kalian miliki. So, jika berbicara mengenai produktivitas, jelas, ini akan ganggu produktivitas kalian. Apalagi kalau yang kalian kerjakan adalah pekerjaan fisik.

Maka dari itu, banyak wanita di dunia ini yang menunda kehamilan mereka. Rentang waktu penundaannya beragam. Tapi biasanya, mereka akan menunda kehamilan sampai mereka siap dan nggak berhenti dari kegiatan produktif mereka.

2. Bisa lebih fokus dengan karir dan pekerjaan – kebaikan menunda kehamilan ini juga sama dengan nomor satu

Nggak cuma menjaga dan meningkatkan produktivitas, menunda kehamilan juga berperan baik untuk kalian yang pengen fokus sama karir. Dengan menunda kehamilan, kalian bisa fokus bekerja sesuka yang kalian mau, tanpa terlalu mementingkan kondisi tubuh, tanpa terbelenggu oleh larangan stres, dan tanpa batasan waktu yang mengganggu momen produktif.

Di kalangan wanita karir, menunda kehamilan adalah sesuatu yang wajib, terlebih untuk mereka  yang belum mencapai tujuan yang ada di hidup mereka.

3. Bisa lebih fokus membangun usaha – kebaikan menunda kehamilan ini agaknya juga mendampingi poin satu dan dua

Pada intinya, menunda kehamilan berarti mempersilakan diri untuk bekerja lebih giat dan terbuka: tanpa batasan waktu, tanpa batasan tenaga, dan tanpa batasan stress. Kalian bisa kerja sebagaimana yang kalian mau. Dan tentu sebagaimana orang nggak hamil, kalian nggak bakalan dilarang-larang untuk ngelakuin hal  yang nggak dibolehin buat orang hamil.

Sama halnya saat kalian fokus membangun usaha. Dengan menunda kehamilan, kalian bisa lakuin tahapan rancangan usaha yang kalian mau, tanpa takut dihambat, dilarang, dan dihentikan karena alasan pamali dan dilarang kecapean karena hamil.

4. Untuk mencapai cita-cita dengan lebih efektif – kebaikan menunda kehamilan ini cocok buat kalian yang pengen gapai impian sebelum punya anak

Ada banyak manusia yang mempunya cita-cita yang tinggi. Biasanya, sebagian dari mereka akan mematok target ketercapaian sebelum memiliki keluarga dan anak. Dengan kata lain, menjadi sebuah hal wajar kalau kita menunda kehamilan untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

Oh ya, belakangan juga wanita-wanita di Indonesia, khususnya wanita karir dan pekerja keras, menunda kehamilan mereka untuk hal yang disebutkan di atas.

5. Menikmati lebih banyak waktu untuk diri sendiri – kebaikan menunda kehamilan ini agaknya berlainan dengan sifat keibuan deh

Kalau kalian cermati, ternyata ada loh wanita di Indonesia yang menunda kehamilan hanya untuk menikmati waktu lebih banyak untuk dirinya sendiri. Biasanya, mereka memilih untuk nggak hamil karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Dan saat pekerjaan itu sudah selesai, mereka cenderung menginginkan waktu untuk dirinya sendiri.

Kalau menurut gue pribadi mah wajar. Secara orang hamil yang nggak punya kebebasan untuk melakukan hal apapun yang dia mau. Selain itu, setelah wanita hamil, dia juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat anak yang ada dalam kandungannya. Pun saat kandungan itu sudah lahir.

Jadi kalau ada wanita yang memiliki nggak hamil untuk beberapa waktu, itu wajar aja sih. Bisa jadi dia memiliki begitu karena ingin menikmati hidupnya dengan lebih maksimal sebelum datangnya anak.

6. Menikmati waktu lebih banyak dengan pasangan – kebaikan menunda kehamilan ini belakangan jadi tren

Emang sih, pasangan suami istri bisa menikmati waktu kapan pun mereka mau. Bahkan, saat langit sudah gelap dan bulan sudah menerawang di atas nirwana, mereka tetap bisa menikmati waktu berdua. Tapi tetap saja. Menikmati waktu berdua di malam hari nggak seenak menikmati waktu di siang hari. Jika di malam hari mereka hanya bisa bergoyang ke sana kemari, di siang hari, mereka bisa berjalan ke sana sini untuk menikmati hari.

Oh ya, beberapa pasangan emang berpendapat kalau pas mereka punya anak, hubungan mereka bakal nggak semesra dulu. Itulah alasan kenapa mereka memilih menunda kehamilan.

7. Nggak ngeluarin duit banyak – kebaikan menunda kehamilan ini penting banget buat kaum misqueen

Buat kaum misqueen, hamil adalah anugrah sekaligus masalah. Mereka akan seneng saat istrinya hamil. Tapi di sisi lain, mereka juga bakal pusing karena harus memikirkan biaya. Dan seperti yang kalian tahu, biaya orang hamil nggak pernah murah di Indonesia. Untuk cek rutinnya aja berapa? Untuk beli susunya berapa? Untuk kontrol? Untuk persalinan? Belum buat beli keperluan bayi. 

Nah, maka dari itu, banyak banget pasangan yang menunda kehamilan mereka karena belum sanggup bayar segalanya. Menurut beberapa dari mereka, nggak masalah kalau ditunda dulu asal nggak merepotkan kemudian.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *