Top List

7 Fakta Menarik yang Harus Diketahui dari Kerupuk Seblak

Fakta menarik kerupuk seblak – siapa di sini yang suka dengan jajanan seblak? Jajanan khas Bandung ini emang nikmatnya kebablasan. Makanya, nggak heran kalau sekarang seblak fenomenal dan banyak dijumpai di banyak kota di Indonesia.

Seblak sendiri adalah makanan yang terbuat dari mie, makaroni, telur, kol, kerupuk basah dan masih banyak bahan lain.

Tapi dari sekian banyak bahan tadi, agaknya kerupuk basah jadi bahan yang paling banyak disukai. Kenapa? Karena selain teksturnya yang unik, rasanya juga amat nikmat.

Kalau boleh kasih gambaran, nih, ya, kerupuk basah ini kaya yang nyerap semua bumbu seblak. Makanya pas digigit rasanya jadi enak.

Ngomongin soal kerupuk seblak, tahukah kalian kalau ternyata bahan ini punya beberapa fakta menarik yang harus kalian ketahui? Apa saja fakta yang dimaksud? Yuk, langsung simak bahasan lengkapnya berikut ini.

Jajanan khas Bandung ini emang nikmatnya kebablasan. Makanya, nggak heran kalau sekarang seblak fenomenal dan banyak dijumpai di banyak kota di Indonesia. Seblak sendiri adalah makanan yang terbuat dari mie, makaroni, telur, kol, kerupuk basah dan masih banyak bahan lain.

fakta menarik kerupuk seblak

1. Terdapat beberapa jenis dan bentuk – Fakta menarik kerupuk seblak

Harus kalian tahu kalau kerupuk seblak nggak cuma ada satu jenis doang: tapi banyak dan beragam. Masing-masing jenis biasanya punya bentuk dan ukuran yang berbeda beda. Ada kerupuk dengan bentuk bintang, kerupuk dengan bentuk bulat sampai kerupuk yang agak tebal seperti yang biasa kalian makan.

Iya, sih, dibanding yang lain, kerupuk yang warnanya oranye dan agak tebal emang lebih banyak diminati.

Selain karena lebih kenyal, kerupuk jenis ini juga mudah didapat. Makanya, dibanding jenis lain, jenis inilah yang lebih sering muncul.

2. Harus jadi menu wajib – Fakta menarik kerupuk seblak

Nggak tahu kalau orang lain, tapi bagi penulis sendiri, kerupuk seblak itu sifatnya bukan cuman pelengkap, tapi juga jadi menu utama. Cita rasanya yang enak sekaligus kenyal membuatnya jadi menu yang wajib ada saat seblak dihidangkan.

Sekali lagi, ini memang soal selera, tapi bagi penulis pribadi, kerupuk seblak itu ibarat sesuatu yang nggak bisa dipisahkan.

Dan buat kalian yang milih nggak makan kerupuk seblak, kalian harusnya nyesel, karena kalian ngelewatin kesempatan buat nikmatin suguhan kerupuk basah yang enaknya sampe ke ubun-ubun.

3. Diolah dalam bentuk kering – Fakta menarik kerupuk seblak

Kalian mungkin merasa bingung dengan pengolahan seblak yang menggunakan kerupuk kering. Kenapa kerupuk tadi nggak diolah terlebih dulu? Iya kan?

Sebenarnya bisa aja kalau kerupuknya diolah dulu. Direbus dulu misal. Tapi kalau udah begitu, saat pengolahan seblak, kerupuk yang udah diolah biasanya mudah hancur.

Jelas itu akan membuat pengolahan seblak jadi lebih susah. Makanya, kebanyakan penjual seblak lebih sering menggunakan kerupuk yang masih kering.

fakta menarik kerupuk seblak 2

4. Jadi indikator kematangan seblak – Fakta menarik kerupuk seblak

Sekedar kamu tahu aja kalau salah satu indikator kematangan seblak adalah dari kerupuknya. Kalau kerupuk seblak masih keras, maka seblak masih belum matang. Tapi, kalau kerupuk udah mulai lembek dan empuk, tandanya seblak sudah matang dan siap dihidangkan.

Indikator kematangan sendiri sebenarnya bukan cuma dikerupuk, sih, tapi di makaroni juga. Itu kalau penjualnya menggunakan makaroni sebagai bahan utama.

5. Jadi bahan yang lebih cepet abis – Fakta menarik kerupuk seblak

Ini mungkin berlaku untuk penjual tertentu saja. Dan nggak semua penjual mengalami hal yang sama. Apalagi untuk mereka yang prepare.

Jadi begini. Dari yang penulis tahu, selain mie, kerupuk jadi bahan yang lebih cepat habis dibanding bahan lain. Itu karena banyak masyarakat yang meminta penjual melebihkan porsi untuk keduanya.

Mie dan kerupuk basah sendiri jadi dua hal yang paling difavoritkan. Makanya, nggak heran kalau keduanya lebih cepat habis.

6. Lebih mirip cilor – Fakta menarik kerupuk seblak

Kalau kalian pernah makan cilor, kalian pasti ngeh kalau kerupuk seblak bentuk dan teksturnya mirip dengan makanan tersebut.

Tapi biar mirip cita rasa keduanya nggak sama loh. Kerupuk seblak punya citarasa yang lebih pedas dengan aroma seblak yang khas. Tapi tenang, biarpun sama, kerupuk seblak tetap lebih enak, kok. Beneran.

7. Nyerap bumbu – Fakta menarik kerupuk seblak

Kerupuk seblak juga jadi bahan yang nyerap bumbu. Jadi, kalau kalian makan kerupuk seblak, kalian bakal ngerasain bumbu yang lebih enak dibanding bahan lain seperti kol atau mie.

Meski begitu, cita rasa kerupuk seblak tetap ideal, kok. Nggak akan ada cerita keasinan atau gimana. Pokoknya enak aja.

Selain itu, teksturnya yang kenyal juga bikin rasanya lebih lengkap dan sempurna. Makanya, kalau kalian pesen seblak, jangan lupa minta ke abangnya bua tambahin porsi kerupuk seblaknya.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *