Top List

7 Keunggulan Orang Papua yang Tidak Dimiliki Suku Lain

keunggulan orang papua

Keunggulan orang Papua – belakangan ini sedang heboh masalah yang melibatkan Papua di Jawa Timur. Kalau dari berita yang gue baca, dan hasil scrolling gue di media sosial, sebenarnya, apa yang terjadi di sana hanyalah sebuah kesalahpahaman dan belum jelas akarnya. Hanya saja, kebodohan orang Indonesia yang mudah tersulut emosi dan diadudomba mengakibatkan perkara ini semakin besar dan mengakibatkan domino efek. Loh, kok domino efek? Apa maksudnya?

Ya, atas permasalahan yang terjadi di Jawa Timur atau lebih tepatnya Surabaya, sekarang, masyarakat Papua di daerahnya sedang berdemo dan menuntut keadilan untuk warganya yang tinggal di luar Papua.

Eits. Bahasannya politik banget, ya? Iya, nih, lagi kebawa suasana. Padahal Indonesia baru aja merdeka. Eh, udah dikasih menu yang kaya gini. Kasian Ibu Pertiwi.

Ok, ok, gue nggak akan bahas politik lagi, deh. Gue cuman mau ngasih tahu aja, kalau nyatanya, orang Papua itu bukan orang sembarangan. Mereka memiliki banyak keunikan dan keunggulan. Nggak percaya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki tekad yang teguh – keunggulan orang Papua ini hampir-hampir jadi senjata mereka untuk mengungguli SDM lain di Indonesia

Orang Papua memiliki tekad yang teramat teguh, apalagi kalau kaitannya dengan kemajuan dan perkembangan daerahnya. Nggak main-main, para pemuda mereka bahkan harus keluar pulau untuk belajar dan mendalami ilmu pengetahuan demi kemajuan daerah dan sukunya.

Ini jelas berbeda dengan suku kebanyakan di Indonesia: yang lebih memilih enggan jauh-jauh dari keluarga dan dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

Pemuda Papua umumnya menimba ilmu di Jawa (hampir semua Jawa, tapi yang paling banyak ada di Jawa Timur) dan Sulawesi. Nanti, setelah mereka lulus, mereka biasanya kembali dan memberikan tenaganya untuk memajukan daerahnya sendiri.

2. Kompak dalam kaitan persatuan – keunggulan orang Papua ini mungkin dimiliki suku lain, lain dalam pengamalan, mereka yang terbaik

Dahulu berita mengenai Papua hanya berputar pada konflik adat istiadat. Sekarang, hampir nggak ada berita yang demikian. Entah memang nggak ada atau gue yang nggak liat. Tapi yang jelas, belakang orang Papua sudah menunjukkan kesatuan dan persatuan yang matang. Apa indikasinya? Gampang. Kalian bisa lihat kejadian kemarin. Saat sesama saudaranya dihina dan dilecehkan di daerah lain, mereka turun ke jalan dan melakukan aksi untuk meminta keadilan untuk saudaranya tersebut.

Hal ini jarang banget kita lihat pada suku lain. Bahkan Jawa dan Sunda yang jadi suku besar pun, nggak pernah melakukan hal yang demikian.

3. Memiliki kekuatan yang lebih besar – keunggulan orang Papua ini sudah diketahui dan diyakini oleh orang banyak

Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Papua memiliki kekuatan di atas rata-rata orang Indonesia. Tubuh mereka umumnya lebih kekar dengan otot-otot yang terlihat jelas.

Nggak, mereka nggak lakuin fitness tiap hari. Hanya saja, yang gue tahu, beberapa dari mereka sering berolahraga sewaktu kecil. Yang paling simpelnya, untuk sampai ke sekolah, mereka diharuskan berjalan pulihan kilometer jauhnya. So, jelas, ini sudah membuktikan kalau nyatanya orang Papua adalah orang-orang yang kuat.

4. Lebih humanis – keunggulan orang Papua ini jarang banget diketahui orang lain. Image mereka yang garang dan seram nyatanya menutupi keunggulan yang satu ini

Siapa bilang orang Papua ini kasar dan keras. Nggak kok, mereka adalah orang-orang humanis. Mereka bakal terlihat demikian kalau kalian nggak memandang mereka  sebagai “orang asing”. Maksudnya? Ya, kalau kalian dekat dengan mereka, mau menerima mereka menjadi bagian dari kita, percayalah: mereka akan bersikap baik dan humanis pada kalian.

Tapi nggak pernah terjadi kebalikannya. Kalau kalian nggak nerima mereka dan berbuat jahat pada mereka, orang-orang justru akan bertindak nggak acuh dan nggak memperdulikan kalian.

5. Selalu peduli pada sesama saudara – keunggulan orang Papua ini nyatanya sudah dibuktikan dengan kejadian tadi

Pelajaran yang bisa gue ambil dari kejadian kemarin adalah: orang Papua adalah orang baik, mereka akan selalu membela saudaranya yang disakiti dan diinjak-injak. Bahkan kalau itu terjadi di daerah lain: daerah yang jauh Papua.

Ini membuktikan kalau orang Papua sangat peduli dengan saudara-saudaranya. Hal yang berbeda terjadi pada banyak suku lain di Indonesia. Ironi, sih. Betapa Papua sangat mengajarkan persatuan dan kesatuan yang harus dicontoh oleh suku lain di Indonesia.

6. Humoris dan pemecah ketegangan – keunggulan orang Papua ini agaknya jarang banget diketahui orang banyak

Seperti yang gue bilang di atas, image garang dan gahar kadang kala bikin orang Papua terlihat negatif dihadapan orang lain. Padahal, kalau kalian tahu, orang Papua jauh lebih humanis dan memiliki sikap yang baik. Beberapa di antara mereka bahkan mau ngebanyol hanya untuk melihat senyum dan tawa saudaranya yang bukan Papua.

Iya sih, mereka  akan lakuin ini sama orang-orang yang mereka kenal, dan nggak bakal dilakuin sama mereka  yang asing dan nggak deket sama mereka. Tapi biar begitu, keunggulan ini jelas membuktikan kalau mereka adalah orang baik: orang yang ditakdirkan Tuhan untuk memberikan warna dan keceriaan bagi manusia lain.

7. Cinta terhadap suku dan daerahnya – keunggulan orang Papua yang bahkan nggak dimiliki oleh salah satu suku di Indonesia

Di Indonesia ini ada banyak suku, tapi dari yang gue lihat, hanya Papua yang sangat mencintai daerah dan sukunya. Why? Hal ini bisa kita lihat saat mereka membela saudara-saudaranya sesama Papua yang ditindas, diinjak-injak dan dihancurkan harga dirinya. Ini jelas cambukan bagi suku lain untuk menghargai sesama anak bangsa.

Baca juga :

Nah itu tadi beberapa keunggulan orang Papua dibandingkan suku lain di Indonesia. Dan kembali pada perkara awal: sebagai anak bangsa, sudah seharusnya kita saling menjaga dan menyayangi siapapun yang menjadi warga negara Indonesia. Setuju?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *