Top List

Hati-hati, Inilah 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Tubuh

kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh

Kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh – tubuh adalah sesuatu yang harus dijaga. Sebagai manusia, kita membutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpanya, kita nggak bisa ngapa-ngapain. Sebab pada dasarnya, manusia emang dibantu dengan keberadaan raga yang menunjang segala aktivitas keduniawian. Dan saat raga ini sakit, sakitlah semua kegiatan keduniawian tersebut.

Pada dasarnya menjaga kesehatan tubuh sangatlah mudah. Yang terpenting: kalian harus memenuhi kebutuhan tubuh, seperti makanan bergizi, olahraga dan tidur yang cukup.

Oh ya, selain mencukupi semua kebutuhan tadi, kalian juga harus menghindari beberapa hal yang bisa merusak tubuh. Hal-hal yang gue maksud di sini beragam. Tapi yang paling nggak dihiraukan adalah hal-hal yang paling sepele, yang bahkan kalau dilakuin, hal-hal ini bisa mengakibatkan kerusakan tubuh yang fatal.

Wah, ngeri juga yah? Benar. Oleh karena itu, penting kiranya kita mengetahui hal apa saja yang bisa merusak tubuh. Setelah mengetahuinya, barulah kita menghindarinya sebagai upaya untuk merawat tubuh.

Eh eh, ngomong-ngomong, hal sepele yang mana saja yang merusak tubuh? Hehehe, gampang. Berikut ini gue share beberapa kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh tersebut. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Begadang untuk hal yang nggak penting – kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh ini agaknya sudah disinggung sama bang Rhoma deh

Ya, begadang. Siapa sih yang nggak tahu begadang? Kebiasaan yang emang sepele ini nyatanya berdampak besar bagi tubuh kita loh? Pada kasus ringan, tubuh kita akan mengalamai penurunan fungsi setelah melakukan begadang. Yang paling kentara sih, muka kita jadi pucat dan lemas. Yang lebih dari itu, biasanya kita akan mengalami masuk angin dan harus beristirahat untuk hari berikutnya.

Tapi bukan cuman ini. Pada kasus yang lebih gawat, begadang juga bisa mengakibatkan penurunan fungsi organ. Yang terparah, kita bisa mengalami kerusakan organ hanya gara-gara begadang.

2. Sering menunda-nunda makan – kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh ini agaknya sudah diketahui oleh orang banyak deh

Makan adalah kebutuhan. Tanpa makan, tubuh kita akan kehilangan supply energi. Ini jelas nggak baik untuk menunjang keseharian. Olebih karena itu, agar keseharian kita berjalan dengan baik, kita dituntut untuk makan setiap hari sebanyak 2-3 kali sehari.

Menu makanannya sendiri nggak ditentuin. Lebih bervariatif dan bergizi lebih baik. Tapi kalau masih misqueen dan nggak punya duit, maka pakai nasi dan kerupuk pun nggak masalah.

3. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan – kebiasaan sepela yang bisa merusak tubuh ini sudah diwanti-wanti sama dokter di TV loh

Gorengan adalah makanan khas Indonsia. Kenapa bisa dibilang khas? Karena makanan yang satu ini hampir ada di setiap jalan di Indonesia. Pedagangannya ribuan. Dan meski dalam jumlah banyak, dagangan mereka tetap saja laku dan diburu oleh masyarakat.

Tapi tahukah kalian, mengonsumsi gorengan dalam kadar yang berlebihan juga nggak baik, loh? Kandungan kolesterol dan kalori yang berlebih pada gorengan akan mengakibatkan penumpukan lemak.

Ah lemak doang mah nggak masalah? Kan kita makan gorengan juga biar bisa gemuk? Nah, pemikiran ini yang salah. Gorengan nggak bakal bikin kalian gemuk. Yang ada, lemak-lemak yang terkandung pada gorengan bakal bertumbuh dan ngebikin kalian kena kolesterol tinggi atau serangan jantung karena penumpukkan plak lemak pada aliran darah.

4. Malas bangun pagi – kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh ini emang nggak begitu kentara dan efeknya nggak kelihatan dalam waktu dekat

Bangun pagi ada prioritas buat gue. Pasalnya, dengan bangun pagi tubuh gue jadi lebih segar, sehat dan enak buat diajak kerja. Hal kebalikan justru gue dapet kalau gue bangun siang. Tubuh gue jadi lebih berat dan hawanya malas untuk ngelakuin apa aja.

Nggak ngerti ini karena pengaruh malas atau gimana, cuma, badan yang terlalu sering bangun siang emang nggak sesegar mereka yang bangun pagi. Otak mereka yang bangun pagi juga lebih encer dibanding mereka bangun siang. I don’t know why. But, gue yakin kalau kalian mau bangun pagi dan memulai aktivitas di pagi hari, badan kalian akan jadi lebih sehat walau tanpa melakukan olahraga sekalipun.

5. Terlalu banyak memegang gadget – kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh ini agaknya sudah diwanti-wanti oleh banyak orang

Sudah bukan topik baru kalau gadget bisa membawa dampak buruk untuk tubuh. Hanya saja, meskipun sudah diberitahu demikian, tetap saja, banyak masyarakat Indonesia yang kekeh dan bodo sama apa yang dibicarakan oleh pewanti-wanti tersebut.

Padahal, kalau kalian mau tahu, gadget–apa lagi yang sedang di-charger–mengandung sinyal elektromaknetik yang berdampak buruk bagi tubuh. Apalagi kalau paparannya berkelanjutan dan sering.

Ini baru bicara soal paparan elektromagnetik. Kita belum bicara soal mata kalian. Mata yang terlalu sering menatap layar gadget juga memiliki potensi kerusakan. Sebagai contoh. Gue yang tiap hari mantengin layar gadget mengalami Computer Vision Syndrome. Itu kata dokter. Dampaknya? Saat mata gue capek dan minta istirahat, dia bakal join sama kepala gue buat ngeluarin rasa sakit yang amat terasa. Dan payahnya, rasa sakit ini nggak bisa diobatin dan nggak bisa diredain dengan obat.

6. Malas olahraga – kebiasaan sepele yang bisa merusak tubuh ini agaknya udah jadi topik basi dan biasa banget yah?

Tapi kendati sudah jadi topik biasa, tetap saja, orang-orang kita masih aja jarang olahraga. Padahal olahraga itu penting dan bisa ngejaga kesehatan banget. Tanpa olahraga, sendi-sendi pada tubuh kita bakalan kaku. Ini jelas nggak baik, apalagi kalau kalian aktivitas kalian lebih mengandalkan fisik.

Olahraga sendiri nggak musti harus ke gym atau keluar rumah. Kalian juga nggak usah beli mesin untuk bisa olahraga di rumah. Kalau kalian mau, kalian bisa coba model olahraga sederhana semacam push up, sit up dan sebagainya. Dengan olahraga seperti ini, kalian akan mendapatkan badan yang lebih sehat, segar dan bisa menunjang aktivitas sehari-hari.

7. Terlalu sering nonton video ena-ena – kebiasaan sepele yang merusak tubuh ini jarang banget disadarin orang-orang loh

Sudah menjadi rahasia umum kalau video ena-ena memiliki dampak buruk bagi manusia. Beberapa hanya mengatakan dampak buruk yang dimaksud berkenaan dengan mental. Padahal nggak demikian. Dampak yang ditimbulkan dari video ini juga menyasar pada fisik: lebih tepatnya pada sel otak manusia. Kalau yang dari gue baca, tiap kali kita nonton video ena-ena, apalagi video yang dari kota domba itu, yang lakinya cuma punya burung gereja kecil, 10 sel otak kita akan mati dan nggak bisa difungsikan. Nah, coba kalau kita nontonya lebih dari 10 video, berapa sel otak kita yang mati nanti?

Baca juga :

Nah itu tadi beberapa kebiasaan sepeleĀ  yang merusak tubuh. Menurut kalian, dari ketujuh kebiasaan di atas, manakah yang paling berdampak pada kesehatan tubuh kita?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *