Top List

7 Tips Memilih Kostan Nyaman Buat Kalian Kaula Misqueen

tips memilih kostan

Tips memilih kostan – memilih tempat kost bisa dibilang gampang-gampang sulit. Loh kok gampang-gampang sulit, kan sudah ada aplikasi pencari kostan? Ya iya sih. Cuma pada prakteknya, kita kadang kala tertipu sama tampilan kostan yang menipu. Ya gimana nggak menipu. Wong tampilan kamar asli sama yang di foto beda jauh. Itu yang ngebuat kita kadang mikir kalau pakai aplikasi pencari kostan.

Terus kalau nggak pakai aplikasi, gimana cara kita mencari kostan? Gampang. Gue sudah susun beberapa tips dan cara nyentrik untuk kalian mencari kostan.

Cara yang digunakan ramah nggak buat yang berkantong tipis? Tenang. Cara yang gue susun ini ramah buat semua kalangan; termasuk kalian kaula misqueen. Maka dari itu, kalau kalian misqueen dan ingin cari kostan, yuk simak ulasan tips memilih kostan dari gue berikut ini.

1. Manfaatkan relasi – tips memilih kostan

Kalian tentu nggak hidup sendiri di dunia ini. Maka dari itu, kalian harus memanfaatkan relasi kalian sebanyak dan seefektif mungkin. Kalau kalian punya temen di kota A dan ingin menyewa kostan di kota tersebut, kalian bisa memanfaatkan doi buat nyari atau sekedar survei.

Loh kenapa pakai temen untuk survei, kan survei sendiri jauh lebih menyakinkan? Emang sih, survei sendiri bakal lebih menyakinkan dan baik. Tapi, kan kalian juga butuh ongkos buat PP. Masa buat survei doang kalian harus keluarin uang, sih. Kan sayang. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan teman atau kerabat yang di sana  untuk melakukan survei lokasi.

Arahkan mereka ke tempat tujuan. Anjurkan mereka  untuk mengambil gambar secara detail. Semakin detail gambar dan informasinya, semakin tahu seberapa nyaman kostan tersebut.

2. Jangan pakai internet – tips memilih kostan

Loh, kan pakai internet jauh lebih efektif? Iya. Mencari kostan via internet emang efektif banget. Cuma, yang gue tahu, kostan yang tercantum di internet memiliki harga yang relatif mahal. Kalian mau nyewa kost dengan harga yang mahal? Nggak kan? Maka dari itu, hindari internet saat mencari kostan.

Terus bagaimana cara kita mencari kostan? Balik lagi ke cara yang pertama. Kalian harus manfaatkan koneksi dan relasi kalian di kota tersebut.

Kalau kalian nggak enak buat minta tolong, kalian cukup jelaskan saja masalah kalian. Kasih tahu ke mereka  kalau kalian akan merantau di kota yang sama dan nggak tahu harus ngekost di mana. Nanti, kalau temen kalian punya hati, mereka bakal ngajuin bantuan. Nah, kalau udah gitu, kalian bisa manfaatin bantuan tersebut. Iya nggak?

3. Jangan pilih kostan yang ada AC-nya – tips memilih kostan

Kenapa nggak boleh kostan yang ada AC-nya? Ya, namanya juga buat kaula misqueen. Yang namanya orang misqueen kan paling anti sama AC. Bukan karena  takut atau nggak biasa dingin, tapi karena  nggak kuat bayar tagihan AC-nya. Iya apa iya coba?

Terus kalau kostannya panas gimana? Ya kalian jangan cari yang panas lah. Cari yang agak sejuk. Kalau bisa yang dingin sekalian. Emang ada kostan yang dingin? Ada. Kamarnya di dalam kulkas.

Jelas nggak ada dong kostan yang dingin. Yang ada kostan panas semua. Makanya, kalian harus baik-baikin relasi kalian biar doi mau cari kostan yang bener-bener ideal buat kalian. Kalau perlu kasih doi sesuatu biar tambah semanget nyari kostannya.

4. Tawarkan untuk patungan bareng teman tersebut – tips memilih kostan

Kalau emang kalian nggak dapet kostan yang sesuai, kalian bisa manfaatin relasi kalian untuk sekedar numpang tidur. Tapi kalau numpang nggak boleh, kalian bisa tawarkan untuk bayar kostanya patungan. Dengan begitu kalian bisa irit sampai 50%.

5. Menginap di tempat kerabat – tips memilih kostan

Kalau emang kalian nggak punya temen atau relasi untuk bisa ditumpangi mengingap, kalian bisa memilih untuk menginap di tempat kerabat atau keluarga. Ya, kerabat atau keluarga siapa aja dah. Kerabat orang tua kek, kakak kek, kakek kek, nenek kek, selingkuhan kek. Siapa aja dah, yang penting bisa ditumpangi. Kenapa kaya gitu? Karena dengan cara seperti itu kalian bisa lebih hemat karena  nggak perlu ngeluarin biaya.

Oh ya. Kalau kalian terapin cara ini, kalian harus berkewajiban buat baik-baikin pemilik rumah. Karena kalian tahu sendiri lah. Yang namanya pemilik rumah mah nggak bisa dijahatin atau dijulitin. Sebab sekalinya kalian julitin, doi bakal auto ngusir kalian dari rumahnya.

Maka dari itu, kalian harus ngelakuin banyak kebaikan di mata doi. Yang nggak perlu besar-besarlah. Bisa menyapu halaman tiap hari aja sudah cukup.

6. Menyewa kost yang campur – tips memilih kostan

Nah, kalau kalian sudah bisa cari kostan, dan sudah mau keluar dari tempat tinggal kerabat, kalian bisa cari tempat kost yang campur. Kenapa? Karena cuma di tempat kost campur kalian bisa melakukan banyak hal tanpa rasa risih dan takut. Dan setahu gue, hanya tempat kost campurlah yang memiliki penghuni yang acuh dan bodo amat sama penghuni lain.

Ibarat kata, kalau kalian mau bawa kompor, gas, atau semacamnya untuk memasak, mereka bakal bodo amat dan nggak peduli dengan kalian.

7. Cari tempat kost yang pemilik kostnya punya anak gadis – tips memilih kostan

Mungkin kalian bakal bertanya; kenapa memilih tempat kost yang pemiliknya punya anak gadis? Jawaban gue simpel. Yaitu biar bisa dipacarin. Kenapa begitu? Karena kalau kita macarin doi, kita punya peluang buat nyewa kostan gratis tanpa bayar. Syukur-syukur kalau kita bisa bikin goal dan dinikahin. Kita mungkin dikasih bagian dari hasil kost, hehe.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *