Top List

7 Ciri Parasite Worker yang Harus Kalian Hindari

7 Ciri Parasite Worker yang Harus Kalian Hindari

 

Ciri parasite worker – pernah nggak sih kalian berpikir kalau lingkungan kerja kalian jadi nggak enak dan nggak nyaman? Kalau memang begitu, bisa jadi penyebabnya adalah keberadaan teman kalian yang bertindak sebagai parasite worker.┬áHah, parasite worker? Apaan tuh?

parasite worker adalah karyawan yang memberikan dampak buruk buat lingkungan kerja. Bisa bikin rekan kerja ngerasa nggak nyaman, jenuh, nggak betah dan sebagainya.

Secara sederhana parasite worker ini ngasih dampak kurang baik di lingkungan kerja. Biasanya dampak yang diberi sifatnya ringan dan hanya menyangkut ketidaknyamanan karyawan lain. Tapi, pada tahap yang lebih final, parasite worker juga bisa ngasih dampak yang nggak terduga loh. Beberapa diantaranya adalah mengasut teman, menimbulkan keonaran, menyebabkan perpecahan, perkelahian, hingga kerugian material baik perseorangan maupun perusahaan.

Gimana, ngeri kan mereka? Ya, keberadaan karyawan-karyawan ini emang mengkhawatirkan. Apalagi kalau pihak perusahaan hanya berdiam diri dan pasif terhadap mereka. Akibatnya ya jelas: karyawan lain jadi ngerasa nggak nyaman dan nggak betah bekerja.

Terus, gimana cara kita menanggulangi parasite worker? Untuk masalah ini, kalian nggak punya solusi yang bisa diambil. Kenapa? Karena peran kalian di sini hanya karyawan biasa, sama seperti mereka.

Jadi, kalau kita menghadapi mereka, apa yang harus kita lakukan? Kita hanya perlu menghindarinya. Dan sebelum kalian menghindari mereka, kalian harus terlebih dulu tahu dan paham apa itu parasite worker, ciri-cirinya, dan bagaimana mereka bergerak dalam perusahaan.

Nah, buat memudahkan kalian menghindari tipe karyawan parasite ini, berikut gue kasih beberapa ciri parasite worker yang mudah dikenali.

1. Selalu mengatakan diri yang paling benar dan berpengaruh di perusahaan – ciri parasite worker ini mudah banget dikenali

Kalau kalian bingung membedakan mana parasite worker dan karyawan biasa, kalian hanya perlu melihat mereka, perhatikan: kira-kira, mana yang selalu membagakan diri dan mengatakan diri mereka sebagai pihak yang paling berpengaruh dalam perusahaan. Jika kalian sudah menemukan mereka, perhatikan lagi, apakah pola-pola tersebut dilakukan pada waktu tertentu, sering, atau hanya kebetulan.

Nah, jika kalian menemukan pola ini secara kebetulan (maksudnya nggak ditemukan pada kesempatan lainnya) itu tanya orang tadi bukan parasite worker, mereka hanya sedang menyombongkan diri.

Parasite worker punya level kesombongan yang luar biasa dan mengaku sebagai yang paling berpengaruh adalah salah satunya. Jadi, kalau kalian menemukan orang yang ngaku-ngaku paling berpengaruh, dan itu dilakukan dalam intensitas yang sering, besar kemungkinan kalau doi adalah parasite worker.

2. Penghasut dan pemecah belah karyawan lain – ciri parasite worker ini jelas banget dan mudah dikenali

Kalau kalian nemuin orang yang selalu menghasut karyawan (entah untuk kepentingan karyawan itu atau untuk kepentingannya sendiri), hati-hati, bisa jadi dia adalah orang yang termasuk ke dalam golongan parasite worker.

Parasite worker emang doyan banget ngehasut. Biasanya mereka menghasut untuk keuntungan mereka. Bisa sebagai upaya untuk menyingkarkan karyawan lain, membuat salah satu karyawan sebagai kambing hitam, upaya cuci tangan, dan masih banyak lagi. Sering kali mereka menghasut saat sudah nggak punya cara lain untuk ngeles dan mencari kambing hitam.

3. Selalu cari kambing hitam – ciri parasite worker ini selalu bikin orang lain kerepotan dan punya masalah baru

Di lingkungan kerja banyak banget orang yang sok pinter. Ngakunya bisa ngerjain pekerjaan A malah nyatanya nggak demikian. Ngaku bisa ngerjain pekerjaan B malah nggak demikian. Akhirnya, untuk menutupi kesalahan, mereka akan dengan mudahnya mencari kambing hitam.

Nah, ini yang jadi masalah. Parasite worker sangat sering menarik orang lain pada pusaran masalahnya. Mereka akan mencari orang lain untuk disalahkan dan menutupi kesalahan mereka yang fatal.

4. Selalu cuci tangan – ciri parasite worker ini agak sulit dilawan, apalagi untuk kalian yang masih baru

Maksud cuci tangan di sini adalah melempar pekerjaan seolah-olah pekerjaan itu bukan kita yang melakukan. Upaya ini akan dilakukan saat mereka mengira bahwa pekerjaan tersebut nggak bisa dilanjutkan. Dengan kata lain, mereka nggak bisa ngerjain pekerjaan itu, sedang untuk mengatakan berhenti mereka nggak bisa atau malu. Sehingga, untuk menutupi kesalahan mereka, mereka akan menyeret orang lain untuk mengerjakan pekerjaan sisa. Dan andaikata pekerjaan itu bermasalah, orang ini akan melempar kesalahan pada pihak yang melanjutkan pekerjaannya.

Sederhananya sih, parasite worker doyan banget “lempar batu sembunyi tangan”. Jadi buat kalian yang masih baru: hati-hati, yah!

5. Menjelek-jelekan atasan atau orang lain – ciri parasite worker ini mutlak mengganggu karyawan lain dan ekosistem pekerjaan

Ada parasite worker yang nggak terang-terangan ngehasut. Mereka biasa menggunakan gosib yang bersifat menjelek-jelekkan. Tujuannya, tentu, agar karyawan yang diberikan gosip mereka nggak nyaman dan nggak betah bekerja. Yang pada akhirnya, itu membuat mereka keluar dan menguntungkan si parasite worker.

Nah, khusus untuk yang satu ini, kalian bisa lakukan upaya lebih agar nggak terjelembab pada topik-topik sehat. Sedang satu diantara upaya tersebut adalah menghindari obrolan yang bersifat personal (entah itu seputar atasan, rekan, atau bahkan bawahan). Jika memang terlanjur masuk ke dalam topik obrolan, jangan sekali-kali percaya atau yakin bahwa apa yang dia sampaikan itu benar.

6. Tukang ngadu dan doyan laporan – ciri parasite worker yang nggak disukai sama karyawan lain ini jadi momok menakutkan banget

Kalau kalian perhatiin, pasti ada beberapa temen kalian yang kerjaannya laporan mulu, dan kalo doi dilaporin balik malah ngungkit semua kesalahan kita dan ngebuat jatuh dihadapan atasan. Nah, itu adalah satu dari sekian ciri parasite worker.

Untuk menghadapi worker macam gini, ada baiknya kalian jadi pribadi yang baik aja: jadi pribadi yang selalu taat aturan dan nggak ngelawan atasan. Dengan begitu kalian nggak punya celah untuk bisa disalahkan dan/atau dikambing-hitamkan sama doi.

7. Doyan mengelabui data dan faka – ciri parasite worker ini bukan cuma ngerugiin kalian, tapi perusahaan juga bisa rugi karena doi

Ada beberapa worker yang doyannya ngelabuhin data. Bahkan, pada satu titik tertentu, mereka lebih sering menggelapkan. Parahnya, mereka selalu punya cara untuk berkelit dan lari dari tuduhan. Sering kali juga menggunakan orang lain sebagai tameng dan kambing hitam. Walhasil, bukannya doi yang tertangkap dan dikeluarkan, justru orang yang dijadikan tameng dan kambing hitam inilah yang akan menerima getahnya.

Terus gimana cara menangani karyawan yang seperti ini? Untuk menanganinya agak susah. Kalian musti banget menghindari dia saat lagi ngelakuin tindakan curang. Intinya, sebisa mungkin buat nggak terlibat atau melihat apa yang dia lakukan. Karena saat kalian ada di pusaran itu, bukan nggak mungkin kalian bakal diseret dan dijadikan tameng. Dan hal terburuk yang bisa terjadi adalah: dia akan selamat, sedang kalian akan mendapat sanksi karena data yang diputar balik oleh dia.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *