Top List

7 Cara Menikmati Momen Agustusan ini Wajib Dicoba!

cara menikmati momen agustusan

Cara menikmati momen Agustusan – Momen 17 Agustus sudah di depan mata. Kira-kira kalian bakal ngelakuin apa buat ngerayain momen ini: ikut upacara bendera, atau malah kumpul bareng temen sesama jomblo buat nonton pengibaran bendera?

Hm.. pada dasarnya banyak hal yang bisa kalian lakuin di momen ini. Mulai dari liburan sampai ngelakuin hal produktif, semuanya bisa dilakuin.

Momen 17an sendiri adalah momen merayakan kemerdekaan. Di momen ini, semua anak bangsa dianjurkan ikut berpartisipasi dalam merayakan momen ini. Biasanya sih bakal dilakuin dengan mengadakan lomba-lomba khas kaya balap karung, panjat pinang, dan sejenisnya. Lomba-lomba ini dilakuin di area komplek dan diikuti oleh warga di wilayah tersebut.

Tapi tahukah kalian, merayakan 17an nggak musti dilakuin dengan mengikuti lomba aja, loh. banyak hal lain yang bisa kalian lakuin seperti berikut ini.

1. Mengikuti upacara bendera di kecamatan – Cara menikmati momen Agustusan ini bikin jiwa nasionalis kita terpacu

Buat kalian para nasionalis, mengikuti upacara bendera adalah sesuatu yang musti dilakukan. Kenapa? Karena selain memperingati hari kemerdekaan, melakukan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati usaha para pendiri bangsa.

Nggak musti jauh-jauh ke istana negara. Buat kalian yang pengen ngelakuin upacara bendera, kalian bisa ikutin yang diselenggarakan kecamatan.

Ya. Biasanya pihak kecamatan atau desa mengadakan upacara bendera di lapangan. Kalian di sana bakal mendapati pelajar, mahasiswa, ASN dan beberapa warga yang menonton upacara bendera tersebut. Lah, kalau pesertanya pelajar, mahasiswa dan ASN, kita-kita yang bukan ketiganya nggak bisa ikut dong? Bisa kok. Nanti kalian tinggal baris paling belakang. Ngumpet aja, biar nggak diusir. Dan kalaupun diusir, kalian tinggal bilang: saya ingin merayakan 17an dengan mengikuti upacara bendera ini.

2. Menonton pengibaran bendera merah putih – Cara menikmati momen Agustusan ini hampir sama dengan nomor satu

Buat kalian yang nggak kuat berdiri lama, kalian nggak perlu ikut upacara bendera. Dan sebagai gantinya, kalian hanya perlu melihat dan menyaksikan proses pengibaran bendera merah putih oleh pasukan PASKIBRA. Inget loh, ya, menyaksikan proses pengibaran bendera, bukan menyaksikan kecantikan para pengibar bendera putri!

Untuk proses ini kalian nggak usah ikut barisan. Kalian nongkrong di pinggir lapangan pun nggak masalah. Tapi kalau bendera sudah mau naik, ingat, kalian harus bangun dan memberi hormat (walaupun ini nggak wajib, sih).

3. Berkumpul bareng keluarga – Cara menikmati momen Agustusan ini hampir dilakukan oleh semua orang

Indonesia adalah negara yang memberi kelonggaran untuk warganya. Maksudnya, di negara kita ini, banyak sekali hari-hari besar yang dijadikan hari libur. Nggak terkecuali dengan hari Kemerdekaan. Di hari ini kalian bakal berhenti ngelakuin aktivitas seperti biasa: entah itu kuliah, kerja ataupun sekolah.

Nah, momen inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian warga. Biasanya mereka memilih untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga. Di momen ini pula, mereka biasanya menghabiskan waktu bersama untuk mengunjungi museum atau bahkan tempat wisata. Ada pula mereka yang memilih tinggal di rumah dan menghabiskan momen Agustusan dengan mengikuti lomba yang ada di desa.

4. Mengikuti lomba Agustusan – Cara menikmati momen Agustusan ini paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak

Lomba 17an adalah lomba yang menarik, seru, dan sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, lomba ini hanya dilakukan setahun sekali. Dan pada perkembangannya, nggak jarang juga desa atau kelurahan yang mengadakan lomba ini tiap tahun. Itu artinya, kalau sekarang kalian ngeliat lomba 17an, belum tentu tahun depan kalian bakal ngeliat hal yang sama.

Maka dari itu, lomba ini harus dimanfaatkan dengan benar, jangan dilewatkan, diikuti dan dimeriahkan sebaik mungkin.

5. Mengunjungi museum  sejarah – Cara menikmati momen Agustusan ini berfaedah banget, apalagi untuk anak-anak

Mengunjungi museum adalah opsi paling berfaedah buat kalian yang ingin menikmati momen Agustusan. Alasannya, selain bisa menghabiskan momen bersama orang tersayang, dengan melakukan ini, kalian juga bakal menambah pengetahuan: atau bahkan kecintaan pada para tokoh terdahulu.

Ya, gimana engga, dengan mengunjungi museum, kalian bakal tahu perjuangan tokoh nasional untuk memerdekakan bangsa. Bukan hanya perjuangan. Pengorbanan, strategi dan hal lainnya bakal kalian dapetin di sini.

Pada umumnya kegiatan ini baik dilakukan dengan mengajak anak-anak atau pelajar. Tapi kalau kalian belum anak, kalian bisa jalan bareng pasangan. Kan siapa tahu, abis dari museum kalian jadi kepikiran buat meneruskan generasi bangsa melalui kembang biak. Iya, kan?

6. Mengunjungi tempat wisata – Cara menikmati momen Agustusan ini opsi yang paling diminati masyarakat

Walaupun mengunjungi museum adalah hal yang berfaedah, tetap saja, tempat wisata adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Karena selain menyajikan wahana dan keseruan di sana, masyarakat juga ingin membebaskan diri dari stres. Sebab itulah tempat ini banyak dipilih.

Untuk melakukan cara ini kalian nggak perlu bingung. Sebab berbeda dengan museum, tempat wisata hampir ada di setiap kota. Jadi kalian nggak perlu jauh-jauh mengunjungi kota yang ada museumnya.

7. Meneruskan generasi bangsa – Cara menikmati momen Agustusan ini harusnya menjadi wajib untuk semua anak bangsa

Untuk menunjang pergerakan bangsa, setiap anak bangsa membutuhkan generasi baru. Maka dari itu, untuk mencapai sana, kita perlu berkembang biak. Jadi, mari kita berkembang biak dengan cara yang baik, sah, dan dengan tujuan untuk meneruskan generasi bangsa kualitas SDM mumpuni.

Baca juga :

Itulah tadi beberapa cara menikmati momen Agustusan. Menurut kalian, cara mana yang paling paling mengena dan patut untuk dilakukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *