Top List

7 Makanan Olahan Jengkol yang Cocok Buat Hidangan Malam

Makanan olahan jengkol – jengkol; siapa sih yang nggak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan khas Indonesia ini emang banyak banget digilai oleh masyarakat. Bahkan, bisa dibilang, hampir semua lapisan menyukai makanan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang khas membuat jengkol jadi makanan idola masyarakat Indonesia.

Eits, siapa yang bilang kalau jengkol adalah makanan murahan? Kalau kalian menyatakan hal itu, kalian harus tahu dulu kalau ternyata harga jengkol tergolong tinggi.

Kalau dilihat dari data, harga jengkol sekarang berkisar di angka Rp 40.000,- sampai Rp 60.000,- per kilogram. Tapi yang membuat kalian lebih tercengang lagi, ternyata
ada daerah yang menghargai jengkol dengan harga yang hampir setara dengan daging sapi.

Ya. Di Jawa Barat, harga 1 kilogram jengkol tembus di angka Rp 80.000,- per kilogram. Bahkan bisa lebih. Tergantung kalian belinya di mana.

Nah, dari situ masih menganggap kalau jengkol adalah makanan murahan? Jelas nggak dong. Oh ya, jengkol sendiri adalah makanan yang bisa diolah menjadi beranega ragam olahan. Beberapa di antaranya bahkan cocok untuk kalian jadikan menu makanan malem bersama keluarga. Nah, apa saja olahan yang dimaksud? Yuk langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Semur jengkol coklat – jadi makanan olahan jengkol yang wajib banget kalian buat

Semur jengkol adalah menu masakan yang paling wajib kalian coba. Kenapa? Karena bukan hanya menampilkan sisi eksotis dari jengkol itu sendiri. Semur jengkol juga memberikan jengkol kesempatan untuk memunculkan cita rasa terbaiknya.

Ya. Semur jengkol memang menampilkan cita rasa jengkol yang lebih gurih, lebih empuk dan cocok bila dikawinkan dengan nasi putih hangat.

Nah, oleh karena itu, menu masakan ini jadi yang paling pertama dan sering dicoba  untuk menu makanan jengkol. Soal cara pembuatan, kalian nggak usah khawatir. Menu yang satu ini sangat mudah dibuat. Bahannya pun sederhana. Yang sulit dari menu ini hanyalah setelah proses pemasakan dan makan. Di mana, setelah proses tersebut, kalian dituntut untuk bekerja ekstra keras membersihkan dan menjaga kamar mandi agar tetap wangi, harum dan bebas bau jengkol.

2. Semur jengkol pedas – makanan olahan jengkol yang bisa jadi alternatif buat kalian yang suka pedas

7 Makanan Olahan Jengkol yang Cocok Buat Hidangan Malam
Kalau kalian bosan dan males dengan makanan yang begitu-begitu saja, kalian harus coba yang namanya semur jengkol pedas.

Semur jengkol pedas sendiri adalah menu makanan alternatif yang bisa kalian coba. Menu masakan ini jadi favorit karena memadukan cita rasa pedas dan gurih dalam satu makanan. Oleh karena itu, makanan ini jadi favorit masyarakat, khususnya buat kalian yang gemar mengonsumsi makanan pedas.

3. Rendang jengkol – makanan olahan jengkol yang cocok buat kalian para pecinta rendang

Rendang jengkol adalah alternatif terbaik buat kalian yang suka rendang tapi takut makan daging. Rendang jengkol memiliki cita rasa yang hampir sama dengan rendang. Yang membedakan hanya pada saat kalian menggigit jengkol. Tekstur jengkol yang lebih kenyal dan padat membuat kalian memperoleh sensasi yang berbeda dari sekedar makan daging rendang.

Bukan hanya itu saja. Yang membedakan rendang jengkol dengan rendang daging juga terdapat pada cita rasa dagingnya.

Ya, daging rendang umumnya lebih gurih, asin dan, ya, kaya rendang pada umumnya. Hal yang berbeda akan kalian dapat kalau mengonsumsi rendang jengkol. Kalian nggak akan mendapat cita rasa yang sama dengan rendang daging. Sebab, rendang jengkol cenderung memiliki cita rasa yang lebih kalem dan nggak terlalu asin ataupun gurih.

Tapi tenang, kalian nggak usah khawatir. Biar begitu, rendang jengkol masih dinilai pas buat kalian jadikan santap malam bersama keluarga.

4. Rendang jengkol pedas – makanan olahan jengkol ini cocok buat kalian yang suka rendang pedas

7 Makanan Olahan Jengkol yang Cocok Buat Hidangan Malam
Kalau kalian bosan dengan makanan rendang yang hanya menampilkan rasa gurih. Kalian harus coba rendang jengkol pedas. Kenapa? Karena hanya dengan makanan inilah karena akan merasakan sensasi makan rendang dengan cita rasa pedas yang nonjok parah.

Ya, rendang jengkol pedas sangat cocok buat kalian yang suka dengan makanan pedas. Cita rasa yang ditampilkan di makanan ini akan membuat kalian lebih terjaga.

5. Jengkol bumbu balado – makanan olahan jengkol yang cocok buat kalian penikmat pedas dan manis

Kalau rendang jengkol pedas bikin bibir kalian membengkak karena  kepedasannya, kalian harus coba yang namanya jengkol bumbu balado. Makanan yang satu ini memang menampilkan rasa pedas. Akan tetapi, kalian juga akan merasakan sensasi manis pada waktu yang sama.

Eits, jangan salah dulu. Biar pun begitu, komposisi keduanya mampu membuat lidah kalian bergoyang. Dan, ya, makanan ini jadi menu masakan yang paling digemari di antara semua olahan jengkol.

6. Sambal goreng jengkol – makanan olahan jengkol ini cocok buat kalian yang suka sambal goreng tapi dengan cita rasa yang berbeda
makanan olahan jengkol

Kalau kalian sebelumnya mengenal sambal goreng daging atau sambal goreng kentang, kini saatnya kalian mencoba yang namanya sambal goreng jengkol. Soal cita rasa, kalian nggak usah ragukan lagi. Sambal goreng varian ini adalah yang ternikmat. Nggak percaya? Cobain aja. Tapi resiko kamar mandi bau ditanggung sendiri, ya!

7. Jengkol sambal ijo – makanan olahan jengkol ini cocok buat kalian penikmat jengkol dengan cita rasa yang berbeda

Bisa dibilang jengkol sambal ijo adalah varian terbaru dari olahan jengkol. Olahan yang satu ini merupakan kombinasi dari sambal ijo dan jengkol. Cita rasa pedas yang diberikan dari makanan ini sangat pas untuk lidah orang Indonesia. Ditambah dengan rasa gurih dari jengkol, menu makanan ini mampu memberikan cita rasa yang berbeda dan khas. Bagaimana; tertarik mencobanya?

Baca juga:

Itulah beberapa makanan olahan jengkol yang cocok dijadikan menu makan malam bersama keluarga. Selain nikmat, makanan olahan di atas juga mudah dibuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *