Top List

7 Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah yang 99,99% Worth it

cara mengusir nyamuk

Cara mengusir nyamuk – pernah nggak sih kalian ngerasa nggak nyaman sama kondisi rumah kalian yang penuh nyamuk? Kayaknya, hampir semua orang bakalan ngerasa nggak nyaman kalau harus berbagi tempat dengan nyamuk. Iya nggak?

Ya, nyamuk adalah serangga yang mengganggu dan jadi media penyebaran penyakit. Masalahnya, nyamuk sendiri jadi serangga dengan perkembangan yang cukup pesat. Kendati mereka telah disemprot pakai obat nyamuk, tetap saja, sehari dua hari kemudian, mereka bakalan dateng lagi. Nggak lupa: lengkap dengan sohib dan seluruh sanak saudaranya.

Benar, mengusir nyamuk sendiri bukan perkara mudah. Perlu upaya lebih untuk mengusir mereka dari rumah. Tapi kalian nggak usah khawatir. Di bawah ini udah gue kasih beberapa tips dan trik biar bisa usir nyamuk dari rumah. Apa aja tips dan trik yang dimaksud? Yuk simak di bawah ini.

1. Jangan biarkan pakaian kalian tergantung – cara mengusir nyamuk ini sebagai tahapan awal doang, ya!

Nyamuk seneng banget nyempet-nyempet ke pakaian yang digantung: sama kaya kalian yang kalau pacaran sukanya tempat-tempat yang tertutup dan tersembunyi. Kalau kata ahli nyamuk sih, ini sebagai perlindungan diri mereka dari para predator.

Ya, karena nyamuk seneng dengan pakaian yang tergantung, maka, untuk mengusir mereka dari rumah, angkat semua pakaian yang kalian gantung, kemudian pindahkan ke lemari.

Oh ya, selain sebagai tempat persembunyian, pakaian yang digantung juga jadi sarang sementara nyamuk. Mereka akan tinggal di sana sebelum masa berburu darah. So, semakin banyak pakaian yang kalian gantung, semakin banyak pula populasi nyamuk yang ada di rumah kalian. Jadi, kalau kalian nggak mau rumah kalian dipenuhi nyamuk, berhentilah untuk menggantung pakaian di dalam rumah.

2. Gunakan pengharum ruangan aroma jeruk – cara mengusir nyamuk ini tahapan selanjutnya ya!

Setelah kalian mengangkat semua pakaian yang digantung, selanjutnya, kalian harus pakai pengharum ruangan pada tiap ruangan di rumah kalian. Kenapa? Karena pada dasarnya nyamuk nggak suka dengan ruangan yang harum: apalagi kalau keharuman yang tersedia adalah aroma jeruk: aroma yang jelas-jelas nggak disukai nyamuk (itu kata salah satu iklan, sih).

Tapi kalau dipikir-pikir ada benernya  juga, loh. Gue pernah tes di kostan gue, sebelum dan sesudah pengharum ruangan gue habis.

Ya, sebelum pengharum ruangan gue habis, di kostan gue hampir nggak ada nyamuk. Yang ada hanya kenangan bersama mantan yang berterbangan. Walaupun itu amat mengganggu, tetap saja, itu gue biarin karena  nggak ada obatnya.

Nah, balik lagi soal pengharum ruangan, nih. Jadi, sebelum pengharum ruangan gue belum habis, nyamuk-nyamuk kaya ogah bertamu ke kostan gue. Beda halnya pas pengharum ruangan gue habis. Pas itu kamer kost gue agak bau dan sumpek. Dan seketika para pemburu darah a.k.a nyamuk pada muncul satu per satu sampai akhirnya satu keluarga ada dan berkembang biak di kostan gue.

Dari sini gue tahu kalau ternyata pengharum ruangan cukup efektif buat menangkal nyamuk. So, kalau kalian nggak mau kostannya dipenuhi nyamuk, pastikan kostan kalian menggunakan pengharum ruangan, ya!

3. Jauhkan pakaian dan benda kotor dari dalam ruangan – cara mengusir nyamuk dari rumah ini juga tahapan awal untuk benar-benar mengusir nyampuk dari dalam rumah

Pakaian yang digantung, ruangan yang bau, dan benda-benda kotor adalah sarang utama dari nyamuk. Mereka bakal menjadikan benda-benda tadi sebagai tempat tinggal sementara selama masa mencari darah. Jadi, kalau kalian nggak mau tempat kalian dipenuhi nyamuk, pastikan tempat kalian bersih dan bebas dari barang-barang tadi.

Iya, sih, hal ini sepele. Kendati demikian, hal-hal ini memiliki dampak yang luar biasa. Jadi, kalau kalau kalian masih mau melanjutkan cara ini, mari laksanakan cara ini dan lanjut ke tahapan selanjutnya.

4. Gunakan obat nyamuk bakar – cara mengusir nyamuk yang ekstra santai ini cocok bagi kalian yang pengen cara low budget

Obat nyamuk bakar adalah jenis pengusir serangga dengan harga yang paling terjangkau. Dan karena paling terjangkau, efek yang ditimbulkannya pun terbilang selow dan nggak bagus-bagus banget.

Tapi kalian nggak usah khawatir. Karena telah melakukan cara 1-3, cara keempat ini bisa dibilang efektif dan worth it parah. Kenapa? Karena asap dari obat nyamuk bakar ini bisa menjalar keseluruh ruangan tanpa takut terhalang pakaian yang digantung, piring kotor, dan sebagainya.

Tapi kalian musti ingat. Kalau kalian mau pakai cara ini, kalian harus hati-hati. Apalagi dalam menyalakan apinya. Ingat, hati-hati, jangan sampai terbakar api: apalagi api cemburu. Bahaya!

5. Gunakan obat nyamuk semprot – cara mengusir nyamuk dari rumah ini agak mehong, tapi efektif parah

Kalau kalian pengen cara yang lebih efektif tapi mahal, ada baiknya kalian coba cara yang satu ini. Cara ini akan ngebuat nyamuk-nyamuk minggat seketika.

Ya, obat nyamuk semprot emang efektif membunuh para nyamuk. Kalian bisa gunakan cara ini kalau kadar kuantittas nyamuk di rumah kalian sudah overflow dan over quantity. Dengan cara ini, nyamuk bukan hanya kabur, tapi juga mati sekali semprot.

Tapi kalian harus ingat: cara ini hanya digunakan pada ruangan yang kosong dan bersih dari makanan. Kenapa? Karena obat ini mengandung racun serangga dan bergerak di udara. Dengan kata lain, kalau kalian semprotkan obat ini di ruangan yang ada makanannya, makanan ini bakal terkontaminasi racun. Dan besar kemungkinan racun itu akan termakan oleh kalian. So, kalian nggak mau kan sampai makan racun nyamuk?

6. Pelihara tokek atau katak – cara mengusir nyamuk dari rumah ini jadi cara yang paling alami dan bijak

Kalau dilihat dari hukum alam, predator nyamuk adalah katak atau cicak. So, kalau kalian pengen mengusir nyamuk dari rumah, kalian bisa pakai keduanya. Dan karena bertindak sebagai pemangsa, keduanya akan efektif mengurangi jumlah nyamuk yang berterbangan di rumah kalian.

Ya, cara ini adalah cara yang paling alami. Selain nggak melibatkan racun dan asap yang mengganggu, cara ini juga tanpa biaya. Sebab, kalian cukup cari cicak di kebun dan tempatkan ia di dalam rumah. Dan dengan sendirinya mereka akan berburu dan melahap nyamuk yang ada di sana. Dan sebagaimana mangsa lainnya, nyamuk-nyamuk akan dengan sendirinya menghindari dan pergi dari rumah-rumah yang dipenguhi dengan cicak.

7. Pergi dari rumah kalian! – cara mengusir nyamuk dari rumah ini efektif banget dan wajib kalian coba!

Pada dasarnya nyamuk bisa melacak keberadaan mangsa dengan sensor panas. Kita sebagai mangsa mereka memiliki panas tubuh yang bisa mereka lacak menggunakan sensor. Nah, coba bayangkan kalau kita meninggalkan rumah dan nggak menemukan kita dengan sensornya. Kira-kira apa yang terjadi dengan mereka?

Yap, mereka akan pergi dan mencari rumah lain yang memiliki penghuni. Dan saat mereka sudah pergi, kita bisa kembali ke rumah kita dengan damai dan tanpa gangguan dari mereka. Gimana, keren kan caranya?

Baca juga  :

Nah itu tadi beberapa cara mengusir nyamuk dari rumah dengan tahapan dan tata cara yang runtut. Menurut gue cara ini bisa 99,99% berhasil kalau dilakukan dengan runtut. Menurut kalian bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *