Top List

7 Keuntungan Mengoleksi Ikan Cupang yang Harus Kalian Tahu

keuntungan mengoleksi ikan cupang

Keuntungan mengoleksi ikan cupang – ikan cupang; nah, siapa yang tahu dengan jenis ikan hias yang satu ini? Ikan dengan warna yang mencolok dan badan yang atletis ini emang pernah hits di masanya, genks. Walau sekarang agak-agak meredup, penggemar ikan ini masih banyak ditemui loh. Biasanya, mereka mengoleksi ikan ini karena beberapa alasan; salah satunya adalah hobi.

Ya, keindahan dan keanggunan cupang emang nggak bisa dipungkiri. Sama seperti koki, ikan ini juga akan bergerak indah bak menari saat di akuarium. Hanya saja, dibanding koki, ikan ini jauh lebih murah dan nggak “rewel”.

Oh ya, tahukah kalian; ternyata mengoleksi ikan cupang juga punya beberapa keuntungan loh? Beberapa keuntungan ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Wah, masa iya mengoleksi ikan doang bisa dapat keuntungan? Bisa dong. Nah berikut adalah beberapa keuntungan mengoleksi ikan cantik yang satu ini.

1. Memuaskan hobi – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini emang dibilang sepele, tapi dampaknya gede

Hobi adalah sesuatu yang ada di diri manusia, yang bisa dilepaskan atau dipuaskan akan berdampak pada kelegaan batin dan kepuasan jiwa. Mungkin itu yang dirasakan oleh penggemar cupang saat mengoleksi ikan anggun yang satu ini.

Ya, mereka akan merasa puas saat bisa mengoleksi ikan yang mereka inginkan. Biasanya rasa tenang dan bangga akan timbul dalam diri mereka, terutama saat ikan idaman sudah bisa dibeli.

2. Mengurangi stres – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini agaknya jarang diketahui orang loh

Ikan–khususnya yang hias–adalah sesuatu yang menarik banget kalau dipelihara. Kenapa? Karena saat kita mengoleksinya, dia bisa kita lihat dan nikmati; terutama saat bergerak lincah dan bergoyang-goyang di akuarium.

Ya, ekor cupang yang indah akan membuat kalian merasa tenang dan damai saat melihatnya. Itu akan membawa dampak baik bagi perkembangan batin dan menghilangkan stress.

Kalau yang dari gue tahu, para penggemar cupang akan menikmati “pertunjukan” cupang saat malam hari, saat di mana lampu akuarium menyala sedang lampu lain di sekitarnya mati. Keindahan dan keanggunan ikan akan benar-benar terlihat di sini. Dan sepeti yang udah gue sampein, tiap kecantikan dan keanggunan yang dilihat itu akan berdampak pada penurunan kadar stress pengoleksi.

3. Media hiburan – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini cukup banyak diketahui orang-orang

Cupang adalah jenis ikan yang doyan bertarung. Ini yang menjadikan ikan cupang menarik. Kenapa? Karena selain cantik, dia juga jago bertarung, sehingga membuat kita memiliki opsi lain. Tepatnya opsi untuk memperoleh hiburan lain selain menyaksikan keindahannya.

Ya, walaupun kejam, tapi menyaksikan cupang bertarung adalah kenikmatan tersendiri bagi pengoleksi. Di sini mereka bisa menilai kekuatan dan keampuhan treatment yang mereka  berikan.

Oh ya, pertarungan cupang juga bisa dijadikan ajang silaturahmi bagi para pemilik ikan hias ini. Mereka  bisa berkumpul, bertukar informasi, dan saling mengadu ikannya masing-masing. Walau kejam bagi sang ikan, kegiatan ini cukup menguntungkan bagi sang pemilik.

4. Menjadi media pembelajaran disiplin – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini cukup baik untuk anak-anak

Mengoleksi ikan adalah kegiatan yang positif. Dengan mengoleksi ikan, kita diajarkan untuk disiplin dan prihatin merawatnya. Dari mulai memberi makan, obat, sampai merawat dan menjaga kebersihan kandung, itu harus kita lakukan secara rutin dan teratur.

Oh ya, karena semua yang harus dilakukan di atas merujuk pada latihan disiplin, maka, penerapannya akan sangat baik dilakukan dengan penjadwalan.

Hah, penjadwalan? Ya, tentu saja. Sebagai pemilik yang baik, kalian tentu harus merawat dan menjaga ikan kalian dengan baik. Maka, untuk menyukseskan hal itu, dibutuhkan jadwal yang rapih dan ditaati. Seperti memberi makan tepat waktu, memberi obat tepat waktu, atau membersihkan kandang secara periodik.

5. Menjadi ajang untuk menambah pundi-pundi penghasilan – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini bisa kalian lakukan kalau jumlah koleksi kalian sudah banyak

Yang namanya koleksi pasti jumlahnya banyak dong? Ya, dan ini bisa kalian jadikan peluang untuk menambah pundi-pundi keuntungan. Kalian bisa jadikan koleksi ikan cupang sebagai penyaluran hobi sekaligus bisnis. Kalian bisa mencoba menawarkan ikan ke teman nongkrong atau sparing kalian.

Ya, emang agak susah sih, karena nggak semua orang suka dengan ikan yang satu ini. But, its ok, namanya juga usaha. Iya nggak?

Tapi yang menjadi poin gue di sini adalah, selain menyalurkan hobi, dengan mengoleksi ikan cupang, kalian juga bisa sekalian berbisnis. Dengan catatan, ikan yang kalian miliki jumlahnya banyak. Dan untuk media promosi, kalian bisa gunakan brosur atau foto sebagai instrumennya. Gimana, tertarik?

6. Menjadi penyalur hobi yang murah – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini cukup banyak diperhitungkan orang-orang

Ikan cupang adalah jenis ikan yang relatif murah; tentu kalau dibandingkan dengan koki atau koi. Ikan ini juga memiliki rupa yang relatif indah. Meskipun warna dasarnya hitam, ikan ini memiliki ekor yang berwarna warni, ekor yang tentu memiliki keindahan tersendiri.

Tapi yang paling penting di sini adalah nominal ikannya. Sebagai sebuah hobi, mengoleksi ikan cupang bisa dibilang murah dan ramah untuk semua kalangan. Ini jelas menguntungkan. Karena selain bisa memuaskan hobi, kita juga bisa menghemat pengeluaran untuk hobi kita.

7. Ajang pengumpul dosa – keuntungan mengoleksi ikan cupang ini bisa kalian coba kalau dosanya sedikit

Kalau kalian ngerasa dosa kalian sedikit, kalian bisa coba dengan mengoleksi ikan ini. Kenapa? Karena dengan mengoleksi ikan ini, kalian akan secara nggak langsung mengadunya. Dan karena mengadunya, terlebih dilakukan dengan sering dan intens, kalian akan memperoleh dosa yang banyak. Bagaimana, tertarik mengumpulkan dosa dengan ikan ini?

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *